PALEMBANG (Bisnis Jakarta) – Dinas Kebudayaan Kota Palembang berharap jumlah museum di kota tersebut bertambah sehingga semakin banyak tujuan wisata banyak yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Kasi Permuseuman dan Bangunan Bersejarah Dinas Kebudayaan Kota Palembang Nyimas Ulfah Aryeni di Palembang, Jumat, mengatakan sekarang ini jumlah museum yang ada di Palembang masih sedikit.

Kota Palembang saat ini memiliki dua museum yaitu museum Sultan Mahmud Badaruddin II dan Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera). Sementara Provinsi Sumatera Selatan memiliki dua museum yaitu Balaputera Dewa dan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS). Selain itu di Kota Palembang terdapat juga museum AK Gani.

Ia mencontohkan di daerah lain jumlah museumnya bisa mencapai 40 sehingga tentunya banyak tempat obyek wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan yang datang berkunjung.

Sementara itu, Dinas Kebudayaan Kota terus berupaya meningkatkan pengunjung ke museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang apalagi dalam menyambut Asian Games 2018. Museum SMB II yang terletak di kawasan wisata Plaza Benteng Kuto Besak Palembang di bantaran Sungai Musi itu memiliki beberapa koleksi benda-benda bersejarah.

Benda-benda bersejarah yang terdapat di dalam museum SMB II itu sekitar 669 buah. Aneka koleksi tersebut meliputi arkeologika, biologi, etnografika, seni rupa, keramologika dan numismatika. Sementara Monpera Palembang berada dekat dengan Masjid Agung Palembang dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. (ant)