Bern  (Bisnis Jakarta) – Pemuncak klasemen Liga Italia Napoli hampir mencatatkan kebangkitan dramatis di Liga Europa ketika mereka menang 2-0 di markas RB Leipzig, namun mereka tersingkir karena kalah gol tandang pada fase 32 besar pada Kamis.

Tim Italia itu kalah 1-3 di kandang sendiri pada leg pertama pekan lalu dengan penampilan yang membuat malu pelatih Maurizio Sarri, meski ia mengatakan bahwa menjuarai Liga Italia merupakan suatu prioritas.

Mereka merestorasi harga dirinya saat Piort Zielinski mencetak gol dari bola pantul pada menit ke-33, dan Lorenzo Insigne mengonversi umpan silang Jose Callejon saat pertandingan tinggal menyisakan lima menit.

Hal itu membuat fase akhir pertandingan berlangsung menegangkan dan Callejon semestinya dapat mengamankan laju timnya menjelang laga usai, namun tembakannya melambung.

Penyerang Lazio Ciro Immobile mencetak trigol untuk memimpin timnya menang 5-1 atas FCSB, yang dulu bernama Steaua Bucharest, setelah kalah 0-1 pada leg pertama.

Dua tim Rusia Lokomotiv Moscow dan Zenit St Petersburg keduanya menang di kandang sendiri pada kondisi-kondisi dingin, untuk membuat keduanya melaju.

Gol Igor Denisov pada babak pertama membawa Lokomotiv menang 1-0 atas Nice, melengkapi kemenangan agregat 4-2, sedangkan Zenit menang 3-0 atas Celtic untuk melaju 3-1 berkat gol-gol Branislav Ivanovic, Daler Kuzyaev, dan Aleksandr Kokorin.

“Kami mendominasi permainan. Kami tidak kemasukan peluang apapun sampai menit ke-70,” kata pelatih Zenit Roberto Mancini setelah pertandingan yang dimulai dalam suhu minus 13 celcius.

“Setelah 70 menit kami sedikit kelelahan namun itu normal, namun pada akhirnya kami layak untuk menang.” Atletico Madrid, yang memimpin 4-1 dari leg pertama, melengkapi pertandingan “formalitas” saat menjamu FC Copenhagen ketika gol Kevin Gameiro membawa mereka menang 1-0, sedangkan Dynamo Kiev, Sporting, Viktoria Plzen, dan Olympique Lyonnais juga mencapai 16 besar. (ant)