Banda Aceh, 23/2 ( Bisnis Jakarta ) – Ratusan crosser motor trail enduro akan meramaikan lomba lintas alam yang diadakan di wilayah Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, 24 Februari 2018.

Ketua panitia Taufik Alamsyah kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat menjelaskan, lomba enduro (ketahanan rintang alam) yang dilaksanakan Klub Raon Adventure ini ditargetkan diikuti 450 crosser.

Taufik mengungkapkan para croser yang mengikuti lomba yang berlebel “Raon Adventure” adalah pembalap yang tergabung dalam komunitas trail yang berasal dari kabupaten/kota di Aceh, Sumatera Utara, Jakarta, Bali dan Malaysia.

Ia menyebutkan, rute yang telah ditetap dalam lomba enduro lintas alam ini yakni start di Ulee Lheue dan melintasi sejumlah kawasan alam rintang di Aceh Besar dan Banda Aceh hingga finis di Ujung Pancu, Kecamatan Peukanbada, Aceh Besar.

Dikatakannya, tujuan dari lomba raon enduro ini selain merangkul semua komunitas otomotif khususnya trail adventure, juga untuk menggalakkan penghijauan di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar.

Sebutnya, panitia menyediakan beragam hadiah melalui doorprize untuk peserta yaitu berupa perlengkapan trail hingga rumah tangga.

Taufik yang juga seorang crosser enduro adventure ini, menambahkan bahwa kenderaan yang digunakan dalam raon adventure ini adalah sepeda motor untuk enduro, yang mereknya KTM, Husqy, Kawasaki, Yamaha, Honda dan Suzuki.

Disebutkan, raon berarti “raun” Adventure Aceh punya divisi R2 dan R4, berawal dari kebiasaan mutar-mutar jalur lintas alam di wilayah Aceh Besar.

Beberapa penghobi trail adventure dan offroad menjadi akrab dan kompak. Akhirnya lahirlah sebuah komunitas yang punya divisi roda dua (R2) dan roda empat (R4).

Itulah sepenggal kisah Raon Adventure Aceh yang terbentuk setahun lalu, berawal ngopi bareng di BLPD Coffee dan kesamaan hobi petualang lintas alam.

Di bawah komando Trisno Ryanto, kegiatan komunitas tak hanya sekedar petualang, namun bernuansa sosial ke masyarakat. ( ant )