Gempa Susulan Guncang Larantuka

Kupang, 24/2 ( Bisnis Jakarta ) – Gempa tektonik susulan cukup kuat dilaporkan mengguncang wilayah Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur, Sabtu.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 09:45:25 WITA dengan kekuatan  M=3.1 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.27 LS dan 123.21 BT, pada kedalaman 10 km, kata Kepala BMKG/Koordinator BMKG NTT, Hasanuddin melalui pesan WhatsAAp, Sabtu.

Sebelumnya gempa terjadi di daerah itu pada pukul 00:09:38 WITA dengan kekuatan  M=3.8 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.15 LS dan 123.28 BT, pada kedalaman 12 km.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah di rasakan di daerah Adonara, dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau ( I-II MMI).

Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang, katanya.

Terkait dengan peristiwa gempabumi Larantuka yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 10:20:00 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Khusus masyarakat di daerah pesisir Larantuka diimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal, kata Hasanuddin.(ant)