Arpusda : Jangan Anggap Remeh Cerita Anak

GORONTALO (Bisnis Jakarta) – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (ARPUSDA) Provinsi Gorontalo Yosef P Koton, Senin, mengatakan orang tua jangan menganggap remeh manfaat cerita anak. Menurutnya budaya membaca harus ditanamkan sejak dini, sehingga pada masa akan datang para generasi ini sudah terbentuk karakter yang memiliki ide-ide yang kreatif. “Apa yang keluar dari mulut anak-anak atau dia ceritakan bergantung dari apa yang ia baca, ia amati dan tiru selama ini. Itu sebab mengapa kami ingin mengkampanyekan minat baca dan bercerita untuk anak-anak,” jelasnya di Gorontalo.

Lebih lanjut ia menambahkan, minat baca anak tidak cukup hanya mengandalkan dari guru di sekolah. Butuh peran aktif orang tua di rumah agar anak mau membaca, terlebih di era majunya teknologi informasi yang membuat anak lebih suka bermain gawai.

Sebelumnya, untuk menumbuhkembangkan gemar membaca di kalangan anak-anak, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Arpusda) Kabupaten Boalemo menggelar lomba bercerita bagi siswa siswi tingkat SD. Bahan bercerita diambil dari buku-buku legenda dan tokoh dari berbagai daerah di Indonesia. “Melalui lomba ini kami harapkan minat anak anak untuk membaca semakin baik,” imbuhnya.

Pemenang pada lomba bercerita tersebut yakni juara 1 diraih oleh Axl Puluhulawa asal SDN 09 Dulupi dengan judul cerita Legenda Botu Liyodu. Juara 2 direbut Fahril Rauf utusan SDN 02 Dulupi, dengan judul cerita Limonu Yang Perkasa. Sementara untuk juara 3 yakni Putri Amalia M. Musa utusan SDN 02 Tilamuta dengan judul cerita Putri Kaca Mayang. (ant)