Gubernur: Sosialisasi Asian Games Harus Berlanjut

Palembang, 26/2 (Bisnis Jakarta) – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan sosialisasi tuan rumah penyelengaraan Asian Games XVIII di DKI Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018 harus terus berlanjut supaya menggema keseluruh penjuru daerah terutama di Sumatera Selatan.

“Sosialisasi Asian Games 2018 penting terus dilaksanakan agar masyarakat mengerti akan manfaat pesta olahraga akbar Asia itu,” kata Alex Noerdin di Palembang, Senin.

Menurut dia, masyarakat belum banyak memahami manfaat pesta olahraga yang diikuti 45 negara tersebut, bahkan banyak pihak yang berburuk sangka terhadap sosialisasi Asian Games yang dilaksanakan Pemprov Sumsel.

“Bukan itu saja tetapi ada yang berpendapat sosialisasi Asian Games 2018 hanya untuk kampanye politik,” katanya.

Gubernur mengatakan, suksesnya Asian Games perlu didukung seluruh lapisan masyarakat Sumsel dan bersama-sama menjaga kondusifitas, perdamaian, dan ketentraman di masyarakat.

Untuk itu, peran semua lapisan masyarakat Sumsel sangat penting, sehingga tujuan sosialisasi Asian Games diketahui masyarakat bahwa tuan rumah pesta olahraga bangsa Asia ini Jakarta dan Palembang Ini menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan karena dipercaya menjadi tuan rumah pesta olahraga internasional mendatang, ujar dia.

Dia mengatakan, bahkan total anggaran dana senilai Rp68 triliun terserap untuk membangun sarana prasarana dan fasilitas pendukung Asian Games di Palembang.

Jumlah ini sangat luar biasa, berapa kali lipat dibandingkan APBD Sumsel yang hanya Rp8 triliun, kata dia.

Dana itu antara lain untuk pembangunan jalur kereta api ringan atau LRT, jembatan Musi IV, Jembatan layang dan infrastruktur lainnya, ujar dia.

Oleh karena itu pesta olahraga akbar itu harus didukung bersama supaya berlangsung sukses, tambah dia.

Sosialisai Asian Games antara lain dilaksanakan pada kalangan pelajar, Ketua RT, organisasi kemasyarakatan termasuk tenaga medis.(ant)