Jokowi Ajak Lagarde “Blusukan” Ke Pasar Tanah Abang

Jakarta (Bisnis Jakarta) – Presiden Joko Widodo mengajak Managing Director IMF Christine Lagarde untuk “blusukan” ke Pasar Tanah Abang untuk melihat langsung aktivitas ekonomi di pasar grosir terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Christine Lagarde menuju Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, setelah sebelumnya meninjau pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).

Rombongan tiba di Pasar Tanah Abang sekitar pukul 12.05 WIB. Sesampainya di pasar tersebut, masyarakat yang tidak menduga kedatangan Presiden ke Pasar Tanah Abang langsung antusias.

Presiden dan Lagarde kemudian berkeliling dari kios-kios diwarnai desakan dan teriakan para pedagang dan masyarakat yang ingin melihat Presiden dari dekat.

Presiden Jokowi dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan tujuannya mengajak Christine Lagarde ke Pasar Tanah Abang adalah untuk menunjukkan betapa dominannya sektor UMKM di Indonesia.

“Siang hari ini saya datang ke Pasar Tanah Abang untuk menunjukkan kepada Ibu, Madame Christine Lagarde bahwa sektor usaha kecil, sektor usaha menengah, usaha mikro itu banyak sekali di negara kita Indonesia,” ujarnya.

Presiden juga mengatakan terkait upaya pelaku ekonomi mikro dan kecil di Indonesia dalam menghadapi keterbukaan dan digitalisasi ekonomi yang telah sempat dibahasnya dengan Lagarde dalam pertemuan di Istana Merdeka sebelumnya.

“Faktanya kita memiliki Tanah Abang yang kiosnya berjumlah 19 ribu lebih. Ini sebuah kekuatan besar. Sehingga ini saya kita akan dan ini menjadi sebuah pengalaman lapangan bagi Ibu Lagarde agar disain ekonomi yang akan dilakukan, kebijakan ekonomi ini juga,” tutur Presiden.

Sekitar pukul 12.30 WIB, rombongan kembali ke Istana Kepresidenan Jakarta.

Sebelumnya Presiden Jokowi dalam keterangan persnya kepada wartawan mengatakan, tujuannya mengajak delegasi IMF blusukan adalah untuk melihat dan meninjau langsung program-program yang telah diterapkan pemerintah di Indonesia.(ant)