Paris, 26/2 ( Bisnis Jakarta ) – Paris St Germain (PSG) meneruskan laju mereka menuju gelar Liga Prancis dengan kemenangan 3-0 atas tamunya yang sekaligus rival abadi Olympique de Marseille pada Minggu.

Namun, penyerang andalan mereka yaitu Neymar harus meninggalkan lapangan dengan ditandu pada fase akhir laga ketika mereka memperpanjang keunggulannya di Liga Prancis menjadi 14 poin.

Kylian Mbappe, gol bunuh diri Rolando, dan Edinson Cavani membawa tim ibukota mengoleksi 71 poin dari 27 pertandingan setelah penampilan meyakinkan di Parc des Princes pada pertandingan yang berlangsung panas, di mana tuan rumah mendapatkan lima kartu kuningdan tim tamu mendapatkan lima kartu kuning.

PSG menyelesaikan pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Neymar harus keluar lapangan karena dugaan cedera pergelangan kaki delapan menit sebelum pertandingan usai, setelah pelatih Unai Emery memaksimalkan tiga jatah pergantian pemainnya.

Marseille menghuni peringkat ketiga dengan 55 poin, tertinggal dua poin dari tim peringkat kedua Monaco yang bermain imbang 3-3 di markas Toulouse pada Sabtu.

Olympique Lyonnais gagal mendapatkan kemenangan perdananya di Liga Prancis dalam sebulan ketika pemain St Etienne Mathieu Debuchy mencetak gol untuk mengamankan hasil imbang 1-1 pada “derby” terpanas di Prancis.

Di Paris, Mbappe mencetak gol perdananya di liga sejak bulan lalu ketika ia menggiring bola melewati Rolando dan mencetak gol dengan tembakan mendatar pada menit kesepuluh.

Rolando semakin terbelit masalah pada menit ke-28 ketika ia mendefleksikan sepakan Neymar untuk masuk ke gawangnya sendiri.

Assist-assist Neymar Marseille gagal mengancam dan pencetak gol terbanyak Liga Prancis Cavani menambahi gol ketiga untuk menjadi gol ke-24nya musim ini, dengan tembakan dari umpan silang Neymar pada menit ke-11 babak kedua.

Ini merupakan ke-13 kalinya Neymar menjadi aktor di balik gol di Liga Prancis musim ini, melampaui catatan terbaiknya yakni 12 assist di liga bersama Barcelona pada 2015/2016.

Marseille tidak pernah memenangi pertandingan Liga Prancis di Parc des Princes sejak Qatar Sports Investments mengambil alih klub Paris itu pada 2011 Di Lyon, pemain internasional Prancis Debuchy mencetak gol semenit sebelum masa tambahan waktu untuk menggagalkan gol pembukaan Mariano Diaz.

Kemenangan ini membuat Lyon, yang kini mencatatkan laju lima kemenangan beruntun, untuk menghuni peringkat keempat dengan 50 poin sedangkan St Etienne menduduki peringkat ke-12 dengan 34 poin.

Lyon mencetak gol pada menit ke-20 ketika Diaz melepaskan sepakan voli dari jarak dekat, namun mereka kehabisan tenaga dan St Etienne, tanpa satu pun tembakan ke gawang pada babak pertama, mampu bangkit.

Debuchy mencetak gol ketika ia menyambar umpan silang Remi Cabella untuk mengamankan satu poin untuk tim tamu. (ant)