Samarinda, 26/2 ( Bisnis Jakarta ) – Kesebelasan PSIS Semarang harus mengalahkan tuan rumah Borneo FC untuk memastikan lolos ke babak semifinal turnamen Piala Gubernur Kalimantan Timur 2018 pada laga penyisihan terakhir Grup A di Stadion Segiri Samarinda, Selasa (27/2).

Pelatih PSIS Semarang Subangkit dihubungi di Samarinda, Senin, mengakui bahwa tidak mudah bagi timnya untuk meraih poin maksimal di kandang Borneo FC, namun anak asuhnya tetap akan berjuang maksimal mencapai hasil itu.

“Borneo FC itu tim bagus, apalagi mereka main di kandang sendiri. Tapi, apapun kami tetap akan memberikan perlawanan,” ucapnya.

Setelah menyelesaikan dua laga, tim berjuluk “Mahesa Jenar” kini berada di urutan ketiga klasemen sementara dengan nilai 2, hasil kemenangan atas Arema FC di laga pertama melalui adu penalti. Sementara pada laga kedua yang berlangsung Minggu (25/2), PSIS menyerah 1-3 dari Mitra Kukar.

Adapun Borneo FC menempati puncak klasemen dengan mengumpulkan nilai 5, setelah menang adu penalti melawan tim tetangga Mitra Kukar dan mengalahkan “Singo Edan” 3-1.

“Peluang menuju semifinal masih terbuka, tapi syaratnya memang harus menang di laga terakhir. Masalahnya sebagian besar pemain kami dalam kondisi kelelahan karena jadwal pertandingan yang mepet,” ujar Subangkit.

Namun demikian, Subangkit tidak ingin menjadikan kondisi itu sebagai alasan, karena semua kontestan Piala Gubernur juga mengalami situasi yang sama.

“Mudah-mudahan anak-anak bisa tetap maksimal saat lawan Borneo. Saya hanya memberi latihan ringan untuk menjaga kondisi fisik pemain,” tambahnya.

Mengenai kondisi penyerang asingnya Bruno Silva yang absen saat lawan Mitra Kukar, Subangkit mengungkapkan bahwa pemain Amerika Latin itu tidak mengalami cedera serius, setelah mendapat tekel keras dari pemain bertahan Arema FC Arthur Cunha.

“Hasil ‘CT Scan’ tidak ada masalah di bagian kepala dan lehernya. Hanya saja, dokter belum merekomendasikan dia untuk tidak bermain dulu, ya kita lihat saja nanti. Yang jelas, saya akan melakukan banyak rotasi pemain dan melihat kondisi pemain yang paling siap diturunkan,” tutur pelatih asal Jawa Timur ini.

Sementara itu, pelatih Borneo FC Iwan Setiawan menegaskan timnya tetap akan bermain ngotot di laga terakhir untuk mengamankan tiket semifinal Piala Gubernur. (ant)