TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Program pelestarian pada lahan konservasi dan daerah resapan air bakal dilakukan lagi di Situ Ciledug, pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) rencananya bakal dilakukan pada tahun ini. Sejumlah petugas dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU dan PR) sudah mengukur bidang lahan. “Nanti ada revitalisasi dari arah pintu air kemari,” ungkap Kepala Bidang Bina Teknik Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel, Aji Awan kemarin.

Lebih lanjut Aji mengatakan, teknis pekerjaan revitalisasi, mulai dari titik dekat bangunan pintu yang berfungsi untuk mengatur ketinggian permukaan air situ akan dibuat jalur perlintasan berjalan atau lari (jogging track). “Petugas juga sudah memasang patok dari kayu yang titik obyeknya masih di sekitar permukaan garis sepadan Situ Ciledug,” imbuhnya.

Menurut Aji, sesuai aturan dan amanat peraturan perundang-undangan tentang sumber daya air, bahwa pemeliharaan situ-situ di seluruh daerah merupakan kewenangan pemerintah pusat. “Model revitalisasinya penataan sepadan. Nanti kemungkinan juga sekalian sama pengerukan di dalam-dalam sana,” pungkasnya. (nov)