Palembang ( Bisnis Jakarta ) – Tim Nasional Indonesia cabang boling ditargetkan meraih dua medali emas pada Asian Games XVIII/2018 di Palembang, Sumatera Selatan, pada Agustus.

Ketua Harian Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PBI) Cahyo Yadi di sela-sela Kejuaraan Nasional sekaligus Test Event Asian Games cabor boling di Bowling Center Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Senin, mengatakan, dua emas ini ditargetkan pada nomor trio dan master karena atlet pada nomor ini sudah cukup berpengalaman dan berprestasi tingkat Asia.

Ia mengatakan selaku tuan rumah, Indonesia cukup berpeluang untuk meraih medali pada ajang yang akan diikuti 22 negara tersebut.

Untuk itu, PBI akan menggelar pemusatan latihan nasional di Palembang yang diperkirakan akan dimulai pada April. Sebanyak 13 atlet diproyeksikan masuk pelatnas yang merupakan hasil dari seleksi tingkat daerah.

“Nanti pelatnas akan diperkuat 13 orang, tapi yang akan di entry by name hanya 12 orang (enam putra dan enam putri), satu atlet jadi cadangan,” kata dia.

Ia mengatakan untuk meningkatkan performa atlet, PBI berencana memberikan kesempatan uji coba setidaknya dua kali ke luar negeri.

“Kami berkeinginan memberikan kesempatan ke atlet uji coba ke luar negeri. Mengenai lokasinya, belum bisa ditentukan tapi dari Kemenpora sudah ada lampu hijau,” kata dia.

Terkait evaluasinya terhadap pelaksanaan tes event Asian Games di Palembang hingga hari kedua pelaksanaan, Senin, menurutnya sudah baik meski terdapat beberapa hal yang perlu dipenyempurnaan.

“Di dalam ruangan arena masih dibutuhkan penambahan ruangan misalnya ruang kesehatan, tempat tes doping dan ruang sekretariat,” kata dia.

Ketua PBI Sumsel, Kurmin Halim menambahkan kejurnas ini mempertandingkan tiga nomor yakni master, single dan trio. Selain untuk Kejurnas, juga sebagai tes event Asian Games 2018.

“Seperti yang diketahui bahwa Boling Center ini sudah siap digunakan tapi untuk mengadakan kegiatan sekelas Asian Games harus sempurna,” kata dia.

Kurmin melanjutkan beberapa catatan didapatkan dari pengurus PB sebagai bahan evaluasi termasuk beberapa fasilitas yang akan ditambahkan.

“Kami akan menyediakan kafe, tempat atlet istirahat, ruang kesehatan kemudian ruang makan yang dipersiapkan agar nanti pada saat pelasanaan asian Games semua tercukupi,” kata dia.

Kurmin mengungkapkan untuk progres venue di dalam gedung sudah mencapai 100 persen sementara untuk di luar gedung, seperti tempat parkir, taman serta lampu jalan akan diselesaikan.

“Target paling Juli selesai semua karena April ini sudah TC nasional di sini. Ada 13 atlet yang akan pelatnas di sini,” kata dia.(ant)