DEPOK (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok merilis hasil kualitas udara di jalur Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Arif Rahman Hakim (ARH) menuju Kelurahan Depok Jaya, tingkat polusinya menurun drastis. Hal itu diklaim usai adanya uji udara yang telah dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

“Kami telah melakukan uji udara di jalur SSA, Terbukti tingkat polusi udara menurun ketika SSA diberlakukan, terutama untuk parameter debunya,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati, di Balai Kota, Senin (26/02).

Pihaknya menjelaskan, sampling kualitas udara ambien dilakukan sebanyak dua kali dengan lama waktu sampling satu jam, yaitu pada jam 12.05 (sistem lalu lintas dua arah) dan jam 15.15 SSA. Hasilnya Carbon Monoksida (CO) menurun dari 540,92 menjadi <185. Sedangkan debu partikulat dari 91,28 turun menjadi 71,26.

“Untuk penurunan CO saat SSA berlangsung mencapai 34,20 persen sedangkan debu partikulat memiliki persentase paling besar yaitu 78,07 persen. Ini membuktikan bahwa SSA memiliki andil besar menyumbang kualitas udara yang lebih baik,” jelasnya.

Menurutnya, uji kualitas udara dilakukan saat hari kerja dan bukan akhir pekan. Dirinya berharap, uji parameter ini bisa menjadi catatan baik bagi masyarakat untuk rutin melakukan perawatan terhadap mesin kendaraan, maupun bagi pemerintah untuk terus melakukan upaya perbaikan kualitas udara.

“Kami akan kerja sama dengan pihak swasta juga, dalam hal ini pemilik toko di pinggir jalan raya, agar mereka bisa menanam pohon. Mudah-mudahan dengan menanam pohon, bisa menghasilkan oksigen yang membuat kualitas udara di Depok jadi lebih baik,” ujarnya. (jif)