Menteri Susi Ingin Generasi Muda Kawal Kelautan

Jakarta (Bisnis Jakarta) – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan generasi muda dapat mengawal pembangunan sektor kelautan dan perikanan yang sedang berkembang pesat di Tanah Air.

“Saya harap generasi muda yang akan terus mengawal kedaulatan dan keberlanjutan laut kita,” kata Susi Pudjiastuti di Jakarta, Rabu.

Menteri Susi memaparkan, menjadikan laut sebagai masa depan bangsa berarti masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi harus dapat hidup dari lautan, kini dan nanti.

Hal tersebut, lanjutnya, dapat dilakukan antara lain dengan menjaga sumber daya kelautan dan perikanan agar tetap terjaga dan lestari.

Dengan demikian, maka diharapkan sumber daya kelautan dan perikanan juga akan tetap melimpah untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia dan dunia.

Sedangkan untuk mewujudkan laut sebagai masa depan bangsa, maka sektor kelautan dan perikanan juga harus dapat terwujud dengan mandiri, maju, kuat, dan berbasis kepentingan nasional.

Untuk itu pula, Menteri Susi juga telah menjabarkan tiga pilar misi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yaitu kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan.

Sebelumnya, Menteri Susi juga telah berpesan kepada generasi muda agar membangun jiwa kemandirian sejak dini serta berpikir maju untuk masa depan.

“Mandiri dalam pengertian saya adalah kita harus ‘liberate our mind’ (membebaskan pikiran kita) dulu,” kata Menteri Susi dalam acara Lustrum XII SMA 1 Yogyakarta di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, 15 Desember 2017.

Susi yang juga alumni SMA 1 Yogyakarta mengaku telah membangun kemandirian sejak dirinya masih duduk di bangku SMA 1 Yogyakarta. Mandiri, dalam kaca mata Susi harus diawali dengan membangun jiwa yang merdeka.

Menurut dia, berbagai pencapaian di bidang usaha perikanan, pendirian Maskapai Susi Air, hingga beragam kebijakan kelautan yang dimunculkan selama ini adalah buah dari pola berpikir mandiri yang dilandasi kebebasan berpikir sejak dini.

Meski mandiri dan merdeka, ujar dia, generasi muda saat ini harus sudah memiliki perencanaan serta berpikir matang untuk kemajuan di masa depan.(ant)