Palembang ( Bisnis Jakarta ) – Pelari gawang Sumatera Selatan Rio Maholtra terpilih memperkuat Tim Nasional untuk turun di Kejuaraan Dunia World Indoor Athletic Champhionship di Birmingham, Inggris, 1-4 Maret 2018.

Pelatih Sumsel Abdul Kadirsani di Palembang, Rabu, mengatakan keikutsertaan Rio ini tak lain berkat prestasinya pada ajang Singapura Open 2017 yang berhasil meraih emas dengan membukukan catatan waktu 14,09 detik.

“Rio mendapatkan tiket ke Kejuaraan Dunia ini menjadi suatu pencapaian luar biasa. Meski saingan di sana berat, tapi Rio harus bertekad memperbaiki catatan waktu setidaknya tembus 13 detik,” kata Kadir.

Ia mengatakan sejauh ini persiapan Rio terbilang matang karena mengikuti pelatnas jangka panjang di Jakarta bersama atlet-atlet terbaik di Indonesia.

Dalam pemusatan latihan tersebut, Rio yang berstatus sebagai Paspampres tidak aktif ini, mengikuti program latihan terbilang ketat dan asupan gizi yang cukup untuk menujang aktifitas sebagai atlet atletik.

Tak heran kiranya, ia melanjutkan pada ajang tes event Asian Games cabang olahraga atletik di Jakarta, 11-14 Februari lalu mampu meraih medali emas.

“Semoga saja dia bisa memberikan yang terbaik bagi Sumsel,” kata dia.

Sebelumnya, Rio sempat mewakili Indonesia dalam berbagai kejuaraan internasional, diantaranya SEA Games tahun 2011, dan Kejuaraan Dunia Junior di Barcelona, Spanyol, 9-13 Juli 2012.(ant)