ARMIN ABDUL JABBAR/"PR" PEMAIN Jabar, Adristi Bintang Azzahra (kedua kiri) melemparkan bola ke arah gawang DKI Jakarta pada Eksibishi Cabang Olahraga Bolatangan PON XIX Jawa Barat di Lapangan Progresif, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Senin (5/9/2016).

Padang ( Bisnis Jakarta ) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat membidik cabang olahraga bola tangan dapat lolos dan diikutkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

“Kami meyakini tim bola tangan kita mendapat tiket PON mengingat prestasi yang diraih selama ini,” kata Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful di Padang, Rabu.

Menurutnya selama ini tim bola tangan Sumbar pernah meraih medali perunggu pada kejurnas Jakarta 2017.

Di samping itu beberapa pemainnya baik putra maupun putri pernah mengikuti seleksi nasional persiapan Sea Games 2017 dari Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) pusat.

Menurutnya peluang masuk PON besar bila berkaca pada prestasi tersebut, terlebih hingga peringkat empat Pra PON yang dapat masuk dalam ajang empat tahunan tersebut.

Untuk itu pihaknya akan mendorong ABTI Sumbar untuk menyeleksi dan membina atlet potensial yang ada dari beragam daerah.

Pada Desember 2017 lalu telah dilaksanakan kejurda sebagai persiapan untuk Porprov 2018 di Padang Pariaman.

Diharapkan saat ini telah terbentuk rancangan tim yang akan turun di beberapa kejuaraan nasional tahun ini.

“Dengan ini bola tangan diharapkan menjadi andalan Sumbar di PON mendatang dalam mendulang medali emas, ” ujarnya.

Sementara itu Ketua harian ABTI Sumbar Will Rasyid mengatakan pihaknya telah menggelar kejurda Pra-Porprov pada Desember 2017 mendatang.

Dalam gelaran yang dihelat di GOR Universitas Negeri Padang itu diikuti sembilan pengcab ABTI dari sepuluh daerah yang ada.

Ajang Porprov mendatang menjadi pemanasan bagi atlet yang tersebar di berbagai daerah.

Sekaligus juga menjaring atlet potensial yang akan masuk tim provinsi dalam berbagai kejuaraan.(ant)