Koba ( Bisnis Jakarta ) – Atlet biliar Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai mengikuti pemusatan latihan daerah (Pelatda), menjelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V pada November 2018.

“Pelatda dimulai Februari hingga Oktober 2018, tercatat enam atlet yang akan diterjunkan dalam ajang Porprov nanti,” kata Ketua Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (Pobsi) Bangka Tengah, Andi Kurniawan di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, sebanyak enam atlet biliar yang mengikuti Pelatda yaitu empat orang putera dan dua orang puteri yang akan mengikuti sembilan nomor pertandingan.

“Sembilan nomor pertandingan tersebut adalah untuk atlet putera 8 bola single, 9 bola single, 10 bola single, 10 bola double, 15 bola single. Sedangkan atlet puteri yaitu 9 bola single, 10 bola single, 9 bola single dan 10 bola double untuk putera dan puteri,” jelasnya.

Ia mengatakan, Pelatda ini dalam rangka pematangan kemampuan atlet yang akan diterjunkan dalam ajang Porprov nanti dimana Bangka Tengah bertindak sebagai tuan rumah.

“Dalam kegiatan Pelatda ini kami mendatangkan satu pelatih nasional dan dua orang pelatih daerah, materi latihan diserahkan kepada pelatih,” katanya.

Ia mengatakan, sebelumnya enam atlet biliar ini sudah mengikuti kejuaraan nasional (kejurnas) di Bekasi pada 2017.

“Enam atlet biliar ini adalah andalan kami, sudah pernah meraih medali pada Porprov di Belitung Timur pada 2014 dan Porprov 2018 kami menargetkan tiga medali,” katanya.(ant)