Kemenkop Gelar Bimtek Roasting Coffe

    JAKARTA (Bisnis Jakarta)-
    Guna meningkatkan daya saing dan kualitas produk yang dihasilkan, Kemenkop dan UKM menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Koperasi dan UKM (KUKM) pelaku usaha kopi. Materi yang diberikan terutama menyangkut Roasting Coffee (proses sangrai kopi) yang merupakan proses utama, karena akan menentukan cita rasa kopi yang dihasilkan.
    Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, I Wayan Dipta, usai membuka bimtek roasting coffee di Jakarta, Kamis (1/3) mengatakan, kegairahan para konsumen atau penikmat kopi maupun cafe-cafe  kopi saat ini, patut disambut  gembira  namun juga jadi tantangan bagi pelaku usaha alias produsen kopi khususnya KUKM, bagaimana bisa menyajikan kopo dengan cita rasa tinggi.

    Untuk itu pihaknya didukung oleh Asisten Deputi  Industri dan Jasa serta Kepala Bidang Jasa dan Aneka Usaha Kemenkop dan UKM, mengambil inisiatif menggelar Bimtek yang intinya diarahkan untuk mempercepat peningkatan kualitas  produk kopi dan difokuskan pada proses Roasting Coffee.

    Mengapa demikian, Karena proses ini sangat  menentukan citarasa kopi yang akan dinikmati konsumen. Dengan kalimat lain, tahapan ini merupakan proses yang sangat krusial di banding dengan semua tahapan pengolahan kopi lainnya. “Citarasa kopi mampu  divariasikan sesuai selera, tergantung pada bagaimana proses roasting ini dilakukan,” jelas Wayan. (son)