Denpasar ( Bisnis Jakarta ) – Ajang pertandingan “Proliga 2018” putaran kedua seri pertama akan diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Purna Krida, Kabupaten Badung, Bali, selama tiga hari, 2-4 Maret 2018.

“Pada putaran kedua pertandingan bola voli tersebut akan lebih ketat, karena pada putaran kedua ini, lima tim putra dan tujuh putri sudah banyak melakukan evaluasi dan pembenahan,” kata Direktur Proliga Hanny S. Surkatty kepada pers di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan pada pertandingan putaran kedua tersebut merupakan partai hidup mati menuju babak empat besar. Oleh karena itu para pemain masing-masing tim akan melakukan perlawanan yang seru.

Pada putaran kedua ini, kata dia, seluruh tim tidak lagi diperbolehkan melakukan penggantian pemain. Karena sebelum seri pertama putaran kedua di Bali, adalah batas akhir penggantian pemain. Setiap tim diberi kesempatan mengganti dua pemain lokal dan satu pemain asing sebelum dimulai putaran kedua.

“Tapi kalau tidak mengganti pemain asing, kami beri kesempatan setiap tim mengganti tiga pemain lokalnya,” ujarnya.

Hanny Surkatty menambahkan bahwa putaran kedua seri pertama di Bali akan terjadi persaingan sengit. Karena di Bali merupakan pertama kali digelar Proliga.

“Saya yakin semua tim ingin menunjukkan kualitas permainan terbaik. Sehingga masyarakat Bali, khususnya penggemar dan pecinta bola voli, akan menikmati pertandingan demi pertandingan,” katanya.

Asisten pelatih Jakarta BNI Taplus putra, Loudry Maspaitella mengaku tidak akan mengganti pemainnya pada putaran kedua mendatang. Bahkan, salah satu pemainnya yakni Rudi Tirtana mengundurkan diri karena alasan ada acara keluarga.

Meski begitu, Loudry mengatakan sebagai tuan rumah di Bali, tim asuhan pelatih asal Tiongkok, Li Qiujang ingin mendapat poin penuh, yang artinya memenangkan dua laga di kandang. Tim putra BNI akan menghadapi Palembang Bank Sumsel, Babel pada Jumat (2/3) dan Surabaya Bhayangkara Samator pada Minggu (4/3).

Saat ini, kata dia, tim BNI berada di posisi terbawah klasemen sementara dari lima tim dengan nilai dua dari hasil sekali menang dan tiga kekalahan.

“Kami berusaha memenangkan dua pertandingan di putaran kedua nanti jika ingin masuk empat final. Secara latihan sejak awal, tim kami bagus, tapi saat bermain di lapangan tampil tidak bagus,” ujar Loudry.

Ia mengatakan satu-satunya kemenangan yang dicapai tim bola voli BNI di putaran pertama dari Surabaya Bhayangkara Samator.

“Kami harapkan di Bali nanti tetap meraih kemenangan dari Samator dan ditambah lagi dari Bank Sumsel,” katanya.(ant)