TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) nampaknya masih belum juga menyadarkan warga kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk membuang sampah pada tempatnya. Salah satu buktinya adalah pemandangan tumpukan sampah di pinggir jalan depan pemakan triti, jalan Haji Rean RW 03, Kelurahan benda baru, Pamulang. “Banyak yang buang sampah sembarangan disini, kalau ditegur malah cengengesan,” ungkap salah seorang warga, Subkhi.

Lebih lanjut Subkhi mengatakan tidak hanya membuat pemandangan yang tidak bagus, melainkan juga menimbulkan bau dan sarang penyakit. Subkhi mempertannyakan komitmen pemerintah kota Tangsel dalam memerangi sampah di kota tersebut. Ia juga menyayangkan kenapa hanya didaerah BSD dan alam sutera yang sepertinya bebas dari sampah. “Kalau dilingkungan elit kok tidak pernah liat sampah begini dibiarkan,” imbuhnya.

Sementara itu Walikota Tangsel, Airin Rachmy Diany sebelumnya mengatakan, sampah terus berproduksi, sehingga menjaga kebersihan sangat perlu dilakukan, agar lingkungan bersih dari sampah. “Masalah penanganan sampah yang ada di Tangsel ini harus dilakukan dengan menggunakan teknologi, karena tanpa teknologi yang memadai, maka sulit rasanya kita bisa mengatasi masalah sampah, terlebih jika masyarakat kurang peduli. Jadi betapa pentingnya kepedulian masyarakat untuk sama-sama berkomitmen menjaga lingkungan bersih dari sampah,” tandasnya. (nov)