DEPOK (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok siap merangkul keberadaan organisasi Karang Taruna (Katar) dalam pembangunan di Kota Depok. Pasalnya, Katar merupakan sub dari program Ketahanan Keluarga dan sosial kemasyarakatan yang dinilai punya peran strategis di masyarakat, baik di kegiatan yang bersifat peningkatan ekonomi, sosial, maupun sinergitas dengan Pemkot Depok di level kecamatan dan kelurahan. “Dengan kata lain, optimalisasi Karang Taruna akan menjadi bagian penting dalam program Pemkot Depok,” kata Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, di Balaikota, Jumat (02/03).

Pradi mengapresiasi, selama ini keberadaan Katar menjadi organisasi sosial kepemudaan terdepan, yang selalu ada di tengah masyarakat. Maka dari itu, Pemkot Depok akan mendorong Katar menjadi organisasi yang semakin aktif. Mengingat pentingnya peranan organisasi tersebut, Pemkot Depok juga mendukung terselenggaranya rapat kerja (raker) yang dihadiri Katar se-Kota Depok. Hadir pada kesempatan itu, Ahmad Deni Suwardani dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI), Ketua Katar Provinsi Jawa Barat (Jabar) Subhan Dara Gana, dan Imam Budi Hartono, selaku Penasehat Karang Taruna Kota Depok. “Di sana kita berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang meningkatkan peranan Katar dalam masyarakat,” katanya.

Pradi berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, menjadi langkah nyata Pemkot dalam mengakomodir keberadaan Katar. Termasuk, menciptakan kehidupan yang berkeadilan sosial di kalangan pemuda. “Serta menjadikan Katar sebagai lahan untuk berkarya dan beramal,” ungkapnya. (jif)