Koni Pusat Tinjau Tuan Rumah Pon XXI

Jakarta ( Bisnis Jakarta ) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat meninjau kesiapan daerah-daerah yang mengajukan permohonan calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

Staf organisasi KONI Pusat Agus di Jakarta, Jumat, mengatakan tim KONI Pusat sedang melakukan verifikasi faktual di daerah-daerah yang berminat menjadi tuan rumah PON 2024.

“KONI Pusat harus memastikan sejauh mana kesiapan daerah-daerah yang mengajukan surat kesiapan sebagai tuan rumah PON sehingga diturunkan tim ke daerah-daerah yang bersangkutan,” kata Agus.

Agenda peninjauan ke calon tuan rumah PON adalah pertemuan dengan pengurus KONI daerah serta dialog dengan pemerintah daerah maupun pemangku kepentingan lainnya.

Daerah-daerah yang menyatakan kesediaan sebagai tuan rumah pesta olahraga empat tahunan tersebut adalah Nusa Tenggara Barat, Bali, Sumatera Utara dan Aceh.

Penyelenggaraan ajang olahraga nasional tersebut saat ini mewacanakan konsep tuan rumah bersama, yakni tuan rumah bersama NTB-Bali dan Sumut-Aceh.

Provinsi calon tuan rumah PON sudah menggalang aspirasi di daerah-daerah dengan harapan mendapatkan dukungan sebagai penyelenggara PON.

Humas KONI Sumut Monang mengatakan Sumut dan Aceh sudah menyiapkan diri sebagai calon tuan rumah PON dengan mengoptimalkan pembangunan sarana dan prasarana pertandingan.

“Kami (Sumut-Aceh) sudah menyatakan niat siap sebagai tuan rumah PON, selanjutnya kami serahkan ke KONI Pusat untuk diplenokan,” kata Monang.(ant)