Manfaatkan Ruang Kosong, Dengan Ternak burung Puyuh

DEPOK (Bisnis Jakarta) – Melihat potensi besar sekaligus memenuhi nilai gizi, Komandan Kodim (Dandim) 0508/Depok Letkol (Inf) Iskandarmanto berencana melakukan budidaya 1000 burung puyuh yang nantinya akan dikembangkan juga kepada warga Kota Depok. “Berternak burung puyuh merupakan usaha yang dapat dikerjakan sebagai usaha utama, maupun sebagai usaha sampingan. Usaha ternak burung puyuh dapat memanfaatkan ruang atau halaman kosong, sehingga budidaya tersebut dapat berhasil,” ujarnya.

Menurutnya, burung puyuh memang tak sepopuler jenis unggas lainnya, namun burung puyuh mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan. Terlebih burung puyuh menghasilkan nilai gizi yang tinggi dan membantu penyediaan sebagian protein hewani yang dibutuhkan manusia sehari-hari. “Beberapa hari ke depan, kami akan mencoba budidaya burung puyuh sekitar 1000 ekor,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, jika bagus perkembangannya tidak menutup kemungkinan pihaknya akan berternak unggas jenis lainnya. “Mungkin ayam dan bebek akan kita ternak juga nantinya. Semoga dapat bermanfaat untuk semuanya,” ungkapnya. (jif)