Banda Aceh ( Bisnis Jakarta ) – Tuan rumah Aceh United tampil sebagai juara turnamen pramusim berlebel “Cawan Aceh”, setelah dipertandingan final menekuk PS Semen Padang 2 – 0 (1 – 0 ) yang digelar di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Jumat (2/3) malam.

Dua gol yang mengantarkan kemenangan Aceh United hasil tendangan Hendra Sandi Gunawan menit ke-22 dan Syakir Sulaiman menit ke-85.

Hasil yang dicapai Aceh United dilaga terakhir ini, merupakan kemenangan kedua, setelah di pertandingan perdana menang atas PSPS Riau 2 – 1, sehingga mengoleksi poin 6 dengan agregat 4 – 1.

Torehan enam poin itu menempatkan tim berjuluk laskar Iskandarmuda ini berada di posisi teratas klasemen setengah kompetisi yang diikuti tiga tim ini, sekaligus tampil sebagai juara turnamen pramusim Cawan Aceh.

Bagi Semen Padang hasil pertandingan ini merupakan kekalahan kedua, setelah Kamis sore kalah 1-2 atas PSPS.

Sebagai juara Aceh United mendapatkan hadiah Rp40 juta plus tropi, tempat kedua PSPS menerima hadiah Rp20 juta plus tropi. Turnamen ini memberikan hadiah dan tropi hanya kepada tim peringkat satu dan dua.

Performa Rivaldi Andiaz mengesankan dalam laga dengan Semen Padang, bermain cepat, kerjasama yang rapi dalam menyerang dan bertahan.

Di babak pertama Osas Saha, Zoelfadli di lini depan selalu mendapat aliran bola bagus dari lini tengah yang dikoordinir Assanur Rizal, Hendra Sandi Gunawan, Fery Komul dalam menyerang sering merepotkan barisan belakang Semen Padang yang dikawal Ahmad Mahrus Bahtiar, Leo Guntara dan Saeful Anwar.

Pola permainan menyerang diterapkan Aceh United sejak menit awal babak pertama ini, akhirnya membuahkan gol menit ke-22, setelah Hendra Sandi Gunawan yang mendapat bola terobosan di sektor kiri wilayah Semen Padang, berhasil memperdaya Rendy Oscario. Kedudukan 1 – 0 untuk Aceh United.

Kecolongan satu gol, membuat para pemain tim besutan Syafrianto Rusli juga membalas serangan dan mencari celah untuk mencetak gol, namun selalu gagal.

Di babak kedua tempo permainan tetap tinggi, kedua tim saling menyerang dengan cepat. Aceh United sedikit unggul dengan terobosan yang tajam.

Satu serangan yang dilakukan pasukan Muhammad Sa’adan menciptakan skrimit di wilayah finalti Semen Padang. Syakir Sulaiman yang mendapat bola liar, melakukan tendangan lurus dan keras merobek jala Rendy Oscario menit ke-85.

Tertinggal dua gol, para pemain tim berjuluk kabau sirah bekerja habisan-habisan untuk memperkecil kekalahan, namun tidak berhasil. Kedudukan tetap 2-0 untuk kemenangan Aceh United bertahan hingga pluit panjang ditiup wasit Khalid Al-Makmum.

Sementara dua pencetak gol Aceh United, Hendra Sandi Gunawan dan Syakir Sulaiman mendapat hadiah tiket Umrah dari Yayasan Nadhira. Hadiah ini sudah dijanjikan sebelum pertandingan, bagi yang mencetak gol akan diberi hadiah Umrah.(ant)