Berlin ( Bisnis Jakarta ) – Pemuncak klasemen Liga Jerman Bayern Munich menang 4-0 di markas Freiburg pada Minggu (4/3), dan dua penyerang veteran Claudio Pizarro dan Mario Gomez mengemas gol untuk memperbesar peluang mereka kembali dipanggil untuk berpartisipasi di Piala Dunia.

Bayern, yang mengejar gelar keenam beruntunnya, membuka keunggulan 20 poin atas Schalke 04 dengan sisa sembilan pertandingan untuk dimainkan.

Penyerang asal Peru Pizarro menjadi pemain tertua peringkat keempat yang mengemas gol di Liga Jerman, ketika ia membawa Cologne memimpin terlebih dahulu saat menjamu VfB Stuttgart, sebelum pemain Jerman Gomez membalas dengan sepasang gol untuk memimpin tim tamu menang 3-2.

Pizarro (39) membawa tim juru kunci Cologne memimpin pada menit ketujuh dan ia kini telah mencetak setidaknya satu gol dari tiap satu pertandingan di Liga Jerman pada 20 tahun terakhir.

Cologne mendominasi, mengancam untuk membukukan gol kedua namun kemudian terhempas ketika Gomez (32) mencetak dua gol dalam waktu tiga menit sebelum turun minum.

Andreas Beck menambahi gol ketiga untuk Stuttgart pada babak kedua sebelum tendangan bebas Milos Jojic membawa “The Billy Goats” memiliki sedikit harapan lima menit sebelum pertandingan usai, namun hal itu tidak cukup.

Pizarro tidak pernah ambil bagian di Piala Dunia sebab Peru tidak pernah lolos ke turnamen akbar itu sejak 1982, dan ia terakhir kali memperkuat negaranya pada Maret 2016, namun pelatih Ricardo Gareca tidak menutup pintu bagi sang penyerang.

Gomez absen pada Piala Dunia terakhir setelah menjalani musim yang diganggu cedera, namun ia berharap dapat meyakinkan pelatih Jerman Joachim Loew untuk membawa serta dirinya ke Rusia.

Cologne memiliki 17 poin, tertinggal delapan poin dari zona aman, sedangkan Stuttgart naik ke peringkat kesembilan dengan 33 poin.

Bayern membuka keunggulan di markas Freiburg melalui gol bunuh diri Schwolow pada menit ke-25, dan Corentin Tolisso menambahi gol Bayern tiga menit kemudian.

Sandro Wagner dan Thomas Mueller melengkapi kemenangan Bayern dengan sumbangan golnya pada babak kedua.(ant)