Jakarta ( Bisnis Jakarta ) – BSB Hangtuah langsung mengalihkan fokus laga semifinal Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Pertalite 2017-2018 melawan Satria Muda (SM) Pertamina setelah berjaya di playoff Divisi Merah dengan menyingkirkan Garuda Bandung dengan kedudukan akhir 2-1.

“Kami harus memutar otak bagaimana caranya menghadapi SM di semifinal,” kata pelatih Hangtuah Andika Saputra dikutip dari laman IBL di Jakarta, Senin.

SM memang wajib diwaspadai oleh Hangtuah. Di IBL 2017-2018, SM hanya kalah dua kali dari 17 laga yang menjadi catatan kekalahan terendah kedua di musim reguler IBL 2017-2018 setelah Pelita Jaya Basketball yang baru kalah satu kali.

Selain itu, SM juga memiliki pemain asal Amerika Serikat (AS) yang menjadi andalan hampir di setiap laga IBL 2017-2018, Dior Lowhorn dan pebola basket berdarah AS yang kini sudah dinaturaliasai menjadi warga negara Indonesia, Jamarr Andre Johnson.

“Jamarr dan Lowhorn memiliki gaya bermain yang berbeda dan karena itu kami harus bekerja keras menghadapi SM,” tutur center Hangtuah Nahshon George.

BSB Hangtuah berhasil menorehkan sejarah yaitu untuk pertama kalinya mereka menjejakkan kaki di semifinal IBL usai menaklukkan Garuda Bandung di playoff ketiga Divisi Merah IBL Pertalite 2017-2018, Senin, dengan skor 64-59.

Meski unggul, Hangtuah sempat tertinggal jauh di kuarter pertama dengan skor telah 18-3. Namun, Hangtuah menolak menyerah dan bangkit di kuarter kedua dan selalu unggul sampai akhir laga.

“Terima kasih kepada Tuhan atas kemenangan ini. Anak-anak memang mengawali pertandingan dengan lambat karena mungkin terlalu percaya diri karena Garuda Bandung tampil tanpa centernya Roderick Flemings,” kata pelatih Hangtuah Andika Saputra.

Kemenangan dari laga yang digelar di GOR C-Tra Arena, Bandung itu membuat kedudukan playoff menjadi 2-1 untuk keunggulan Hangtuah.

Berikutnya, BSB Hangtuah akan berhadapan dengan juara Divisi Merah IBL 2017-2018 Satria Muda Pertamina pada 22-25 Maret 2018. Sama dengan playoff, babak semifinal ini juga berlangsung dengan format “best of three”.(ant)