Melbourne ( Bisnis Jakarta ) – Pekan besar Andrew Nabbout di sepak bola menuju tikungan lain pada Selasa ketika pemain sayap itu masuk dalam skuad Australia asuhan Bert van Marwijk untuk pertandingan-pertandingan pemanasan Piala Dunia mendatang melawan Norwegia dan Kolombia.

Mantan pemain Newcastle Jets Nabbout, yang mengumumkan kepinahannya ke klub Liga Jepang Urawa Red Diamonds pada Senin, merupakan satu dari empat pemain pemain yang belum pernah membela timnas dalam skuad pendahuluan Marwijk yang berisi 29 pemain.

Pemain-pemain lain adalah mantan rekan setim Nabbout di Jets yakni gelandang Dimitri Petratos, bek yang bermain di Republik Ceko Aleksandar Susnjar, dan kiper yang berkiprah di Belgia Daniel Vukovic.

Karier Nabbout (25) berada di persimpangan jalan dua tahun silam, setelah gagal bersinar di klub Malaysia Negeri Sembilan, namun ia menghidupkan kembali peruntungannya di Jets, di mana ia masih menjadi pencetak gol terbanyak mereka di Liga Australia musim ini.

Selain wajah-wajah baru, Van Marwijk, yang memimpin timnas Belanda ke final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, memberi banyak kepercayaan kepada skuad peninggalan Ange Postecoglou, yang memenangi pertandingan playoff antar benua melawan Honduras untuk mengamankan partisipasi keempat kalinya secara beruntun di Piala Dunia.

Sebanyak 22 pemain terlibat pada playoff November silam dipertahankan, termasuk penyerang veteran Tim Cahill, yang jarang bermain untuk klub divisi kedua Inggris Milwall sejak kembali ke bekas klubnya itu pada Februari.

Pemain 38 tahun itu, yang merupakan penyerang tersubur Australia dengan koleksi 50 gol, dipertahankan bersama penyerang-penyerang reguler yakni Tomi Juric, Robbie Kruse, dan Mathew Leckie.

Skuad ini akan dipangkas pekan depan menjelang pertandingan persahabatan melawan Norwegia di Oslo pada 23 Maret.

“Sejak penunjukan saya dengan Socceroos, staf saya, para pencari bakat, dan saya sendiri telah memonitor lebih dari 100 pemain Australia di Liga Australia, serta liga-liga di seantero Eropa dan Asia,” kata Van Marwijk dalam rilis pers.

“Pertandingan-pertandingan kami selanjutnya melawan Norwegia dan Kolombia akan menyediakan kesempatan besar bagi para pemain untuk menekan klaim mereka untuk Rusia, bagaimanapun pintu tetap terbuka bagi semua pemain yang tidak terpilih pada Maret.” Van Marwijk masih memformulasikan kekuatan terbaik skuad, di mana rekan setim Cahill yakni bek James Meredith kembali dipanggil masuk timnas setelah tiga tahun absen membela timnas.

Kiper Feyenoord Brad Jones, yang tidak pernah membela Socceroos sejak kemenangan 4-3 atas Ekuador pada 2014, juga dipanggil kembali bersama gelandang Josh Brillante.

Van Marwijk melatih Arab Saudi untuk lolos ke Piala Dunia di Rusia sebelum pindah ke Socceroos, yang tidak memiliki pelatih setelah Postecoglou mengundurkan diri menyusul pertandingan playoff melawan Honduras.

Australia, yang menghuni Grup C bersama Prancis, Denmark, dan Peru pada Piala Dunia di Rusia, akan memainkan pertandingan persahabatan kedua melawan sesama kontestan Piala Dunia Kolombia di London pada 27 Maret.(ant)