London ( Bisnis Jakarta ) – Manajer Manchester City Pep Guardiola mengatakan bahwa sang pemuncak klasemen Liga Inggris harus mempertahankan dominasi dalam periode yang panjang di Inggris dan Eropa, jika ingin dibandingkan dengan bekas klubnya Barcelona.

City telah menjuarai Piala Liga pada musim kedua Guardiola sebagai arsitek tim dan mendekati gelar liga pertamanya di bawah asuhan pria Spanyol itu. Mereka telah menjejakkan satu kaki di perempat final Liga Champions setelah menang 4-0 atas tim Swiss Basel pada leg pertama pertandingan 16 besar bulan lalu.

Ditanyai menjelang pertandingan Rabu di Stadion Etihad apakah City berada di level yang sama dengan pemuncak klasemen Liga Spanyol Barcelona, Guardiola berkata, “Tidak. Bukan hal yang bagus untuk membandingkan kami dengan mereka. Tim itu mendominasi sepuluh tahun terakhir. Kami baru memenangi gelar pertama kami.” Guardiola (47) memenangi 14 trofi dalam empat musim sebagai pelatih Barcelona, termasuk tiga gelar liga dan dua mahkota Liga Champions.

“Untuk dibandingkan dengan tim-tim itu Anda harus berada di sana selama bertahun-tahun. Kami baru memenangi satu gelar,” tambahnya.

City unggul 16 poin atas tim peringkat kedua Manchester United di liga dan meski hanya memerlukan empat kemenangan dari sembilan pertandingan terakhir untuk memastikan raihan gelar, Guardiola mengatakan ia tidak akan membelokkan perhatiannya untuk mengamankan kesuksesan di Eropa.

“Kami begitu dekat. Saya tidak akan berkata bahwa kami akan memenanginya. Kami hampir berada di perempat final Liga Champions dan hampir menjuarai Liga Inggris. Namun sepak bola belum selesai sampai benar-benar selesai.” Bahkan dengan keunggulan besar, Guardiola meminta timnya tetap mewaspdai Basel.

“Ini adalah pertandingan Liga Champions dan Liga Champions adalah sesuatu yang istimewa. Pada sepak bola, semuanya dapat terjadi namun kami harus tenang dan fokus pada apa yang harus kami lakukan,” tuturnya.(ant)