Jakarta ( Bisnis Jakarta ) – Pasangan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja tumbang di awal turnamen bulu tangkis Jerman Terbuka 2018 setelah gagal melewati putaran pertama dengan sempurna.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa malam, Hafiz/Gloria harus pulang lebih awal karena tak bisa mengatasi permainan duet Taiwan Wang Chi-Lin/Lee Chia Hsin dalam pertarungan dua gim selama 32 menit yang berkesudahan 17-21, 19-21.

Permainan sendiri sebenarnya berlangsung cukup seimbang antara kedua pasangan di gim pembuka, dengan perolehan poin keduanya sangat tipis.

Saat kedudukan kembali imbang di angka 11-11, Wang/Lee perlahan-lahan menjauhi poin Hafiz/Gloria 17-13. Pasangan Indonesia tak tinggal diam dan langsung membalas kembali, akan tetapi usaha Hafiz/Gloria hanya bisa memperkecil hingga jarak dua angka 15-17, 16-18 dan 17-19 sebelum akhirnya harus merelakan gim pertama jadi milik duet Taiwan.

Kehilangan gim pertama, membuat Hafiz/Gloria terpacu dan langsung memimpin di awal laga meski kembali dapat diperkecil oleh duet Taiwan.

Selepas kedua pasangan saling bergantian memimpin perolehan poin dan kedudukan imbang 14-14, perlahan duet Taiwan meninggalkan poin pasangan Indonesia bahkan hingga 20-16.

Walau dengan kekalahan yang hampir pasti, Hafiz/Gloria tidak mau menyerah dan di luar dugaan mereka bisa mengejar dengan mencetak tiga angka berturut-turut sebelum akhirnya Dewi Fortuna lebih memihak ke Wang/Lee yang memenangkan pertarungan ini sekaligus mengamankan tiket ke putaran dua.

Dengan hasil minor dari Hafiz/Gloria ini, membuat Indonesia hanya diwakili oleh satu pasangan di nomor ganda campuran dalam turnamen berhadiah total 150 ribu dolar AS ini melalui Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang melangkah dari babak kualifikasi untuk ke babak utama.

Tiket babak utama diraih pasangan ini setelah mengalahkan Kristoffer Knudsen/Isabella Nielsen (Denmark) dengan skor 21-14, 21-11. Di babak utama, Praveen/Melati akan menantang duet peraih medali perak Olimpiade Rio de Janeiro 2016 asal Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Pertemuan di Jerman ini, merupakan pertemuan kedua antar-dua pasangan di mana sebelumnya, terjadi di India Terbuka 2018 yang hasilnya saat itu Praveen/Melati menang 12-21, 21-15, 21-15.(ant)