TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Sejumlah produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) saat ini sudah tembus ke luar negeri diantaranya produk kuliner, fashion serta handycraft. Untuk itu Pemerintah setempat terus berinovasi dan bekerjsama dengan berbagai pihak dalam mrmasarkan produk UMKM. “Pemkot Tangsel selalu berkomitmen dalam memajukan sektor UMKM dengan terus melakukan berbagai inovasi dan kerjasama dengan berbagai pihak. Ini untuk mempermudah pelaku UMKM dalam memasarkan produknya hingga keluar negeri,” ungkap Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie dalam workshop Letter of Credit bagi pelaku UMKM, Selasa (6/3).

Lebih lanjut Benyamin mengatakan, saat in produk UKM Tangsel yang sudah dipasarkan ke internasional seperti Cina, Malaysia, Hongkong, Jerman serta Eropa. Dirinya berharap, pelaku UMKM dapat mengetahui aturan administrasi untuk memasarkan produknya ke luar negeri. “Produk yang memenuhi persyaratan standar internasional harus diketahui pelaku usaha. Sehingga produk UMKM dari Kota Tangsel dapat berdaya saing,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Tangsel Dahlia Nadeak mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar pelaku UMKM dapat mengerti prosedur dan tata cara eksport produk. Karena produk UMKM dari Kota Tangsel sudah tembus ke manca negara. “Jangan sampai pelaku usaha dirugikan karena tidak mengetahui prosedur ekspor barang,” ucapnya.

Untuk itu, sambung Dahlia, pelaku UMKM di Kota Tangsel untuk terus melakukan penetrasi pasar ke manca negara. Pemasaran dan promosi produk dibantu Dinas Koperasi dan UKM melalui pameran di luar negeri maupun pemasaran melalui online. “Kita juga terus lakukan pembinaan terhadap pelaku usaha agar produknya bisa standar internasional. Salahsatunya kemasan yang menarik,” tandasnya. (nov)