Gubernur Sumsel Bangun Enam Rumah Ibadah Berdampingan

PALEMBANG (Bisnis Jakarta) – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, pihaknya saat ini sedang membangun enam rumah ibadah berdampingan dalam kawasan olahraga Jakabaring Palembang. Rumah ibadah lain agama itu melambangkan kerukunan antar umat beragama di daerah ini sangat kondusif, kata gubernur di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan, pembangunan rumah ibadah seperti antara lain untuk agama Islam, Kristen, Hindu dan Budha itu dengan besaran dana yang sama. Namun, lanjut dia, ada yang diperbesar dengan dana tambahan dari pemuka agama tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan rumah ibadah dari berbagai agama yang diakui pemerintah itu tidak lain sebagai contoh Sumsel cukup kondusif. Jadi hubungan antar umat beragama sangat harmonis dan keberadaan tersebut harus selalu dijaga.

Apalagi Sumsel sudah dikenal sebagai daerah tidak ada konflik termasuk antar agama sehingga keberadaan itu harus dijaga bersama, kata dia. Sehubungan itu pihaknya minta supaya kerukunan antar umat beragama di daerah ini selalu dijaga dan selalu laksanakan koordinasi.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games sehingga suasana kondusif harus selalu tercipta, ujar dia. Bukan itu saja tetapi saat ini sedang tahapan pilkada serentak yang membutuhkan keamanan, kata gubernur. (ant)