DEPOK (Bisnis Jakarta) – Sejumlah sawah di kawasan Curug, Bojongsari, Kota Depok diklaim telah panen dengan hasil memuaskan dan melimpah. Dengan demikian cadangan beras di Depok dipastikan aman dalam beberapa bulan kedepan. Untuk itu, Kepala Staf Kodim 0508/Depok, Mayor (Inf) Muhammad Erfan menepis isu cadangan makanan yang mengalami penurunan sekaligus membuktikan bahwa pertanian yang ada masih sanggup memproduksi beras untuk warga.

“Dalam dua tahun terakhir, secara nasional kita sudah swasembada beras.” ujar usai melakukan panen padi bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Depok, Balai Penyuluh Pertanian (BPP), dan Muspika se-Kecamatan Bojongsari.

Iya juga menjelaskan dari sekitar 101 hektare lahan pertanian yang ada di Kota Depok, sebanyak 60 hektare sebagai lahan produktif. Pihaknya bersama Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok bekerja sama dalam melakukan pendampingan pada petani di Depok agar mendapat hasil panen yang optimal.

“Dari 60 hektare tersebut, ada yang merupakan milik perorangan. Ada pula yang punya perusahaan yang dikelola oleh masyarakat setempat, sambil menunggu peruntukkan lahan yang sesungguhnya dari perusahaan,” katanya.

Dia berharap, apa yang dilakukan Kodim 0508/Depok ini, dapat memberikan kontribusi besar guna memenuhi kebutuhan masyarakat. “Serta kabar yang beredar bisa segera reda dan kembali normal seperti sedia kala bagi para petani di Depok,” ungkapnya. (jif)