Dukung Pemberitaan, Kemenkop Apresiasi Kinerja Forwakop

SENTUL (Bisnis Jakarta) – Peran media sangat berarti sebagai suatu alat pungsi kontrol kerja pemerintah dan sebagai bahan informasi kepada masyarakat luas terkait kinerja Pemerintahan.

Kepala Biro Umum (Karoum) Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Hardiyanto mengatakan, pada tahun 2017 berita-berita kemenkop UKM menempati posisi ke 3, baik melalui media Elektronik, Media Cetak dan Media Online, untuk tahun 2018 ini pada bulan Pebruari sudah masuk dalam tahap peringkat 2 secara Nasional. “Pada tahun 2017 berita-berita kemenkop UKM menempati posisi ke 3 dan pada bulan Pebruari 2018 sudah masuk peringkat 2,” kata Hardiyanto pada acara Orientasi Jurnalis yang diadakan Humas Kemenkop ukm di Bumi Gumati, Sentul Bogor, Jum’at (9/3).

Acara Orientasi Jurnalis tersebut dihadiri antara lain Kabag Humas Kemenkop UKM, Dharmono, Kepala Biro Umum Kemenkop UKM, Hardiyanto Kabag Humas Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB-KUMKM ) Putu Shamsudin dan jajarannya, serta para wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Koperasi (Forwakop).

Hardiyanto dalam paparannya juga menambahkan, selain mengapresiasi acara Orientasi tersebut pihaknya mengajak kepada para wartawan untuk terus mengkritik Kinerja Kemenkop UKM supaya menjadi bahan perbaikan untuk tahun berikutnya. “Tolong di cermati kinerja dari kemenkop UKM, ini penting sebagai perbaikan kinerja kami di tahun 2018, ini perlu karena kita maksimal kerja bukan hanya untuk UKM tapi juga usaha-usaha Mikro,” kata dia.

Selain itu, Hardiyanto juga memuji peran dari Humas Kemenkop UKM dan jajarannya terkait kinerja humas dalam mensosialisasikan program-program kemenkop UKM khususnya dalam hal pemberitaan. “Ada satuan kerja (Satker) ditingkat eselon 3 yang selalu rapat pimpinan dan dihadiri Pak Menteri dan yang selalu dapat pujian dari pak menkop Puspayoga yaitu Kabag Humas UKM Darmono, beliau (Puspayoga-Red), mengibaratkan Humas itu ibarat mobil merci perlu diisi bahan bakar yang bagus supaya dapat kerja lebih optimal, meskipun anggaran kita kecil kalau niat baik akan dapat hasil yang maksimal,” ujarnya.

Dalam acara Orientasi Jurnalis tersebut dilakukan penyerahan hadiah bagi wartawan yang berkontribusi dalam pemberitaan di Kemenkop UKM dan BisnisJakarta.co.id mendapat apresiasi karena banyak memberitakan kementerian yang dipimpin Puspayoga ini. (son)