Berlin ( Bisnis Jakarta ) – Pemain pengganti Borussia Dortmund Michy Batshuayi mencetak gol penentu kemenangan ketika mereka menang 3-2 atas Eintracht Frankfurt di Liga Jerman pada Minggu, untuk tetap mengungguli sang lawan dalam persaingan memperebutkan tiket Liga Champions.

Dortmund berpikir upaya mereka telah cukup ketika Batshuayi, yang dipinjam dari Chelsea, membawa mereka memimpin 2-1 pada menit ke-77 namun Danny Blum menyamakan kedudukan pada menit pertama masa tambahan waktu sebelum Batshuayi mengemas gol keduanya sebelum peluit panjang berbunyi.

Hasil ini mendongkrak Dortmund untuk mengoleksi 45 poin, tertinggal satu poin dari tim peringkat kedua Schalke 04, unggul satu poin atas tim peringkat keempat Bayer Leverkusen, dan unggul tiga poin atas Eintracht Frankfurt yang tergelincir ke peringkat kelima. Bayern Munich memimpin klasemen dengan 66 poin.

Pemain Eintracht Marco Russ meluncur untuk mencetak gol bunuh diri yang membawa Dortmund unggul pada menit ke-12, ketika tuan rumah mengawali pertandingan dengan cepat dan memaksa tim tamu bermain bertahan.

Dortmund secara bertahap mengendurkan tekanan dan membuat Eintracht dapat menyamakan kedudukan melalui sundulan Luka Jovic pada menit ke-75.

Namun kegembiraan tim tamu hanya berusia singkat ketika pemain internasional Belgia Batshuayi, yang masuk pada menit ke-60, melepaskan tembakan dari jarak 15 meter, menyusul pekerjaan bagus yang dilakukan Christian Pulisic, untuk menyelesaikan serangan balik dua menit kemudian.

Batshuayi, yang bergabung ke Dortmund pada bursa transfer Januari, merasa lega dapat mencetak gol perdananya setelah lima pertandingan di semua kompetisi tanpa torehan gol.

Ia mengemas gol keduanya pada masa tambahan waktu untuk mengamankan tiga poin bagi Dortmund dan membatalkan gol penyama kedudukan larut Blum.

RB Leipzig, yang merupakan runner up musim lalu, mendapat pukulan terhadap harapan-harapan mereka untuk finis di empat besar dan lolos ke Liga Champions setelah ditahan imbang tanpa gol di markas VfB Stuttgart yang membuat mereka tertinggal di peringkat keenam dengan 40 poin.(ant)