DEPOK (Bisnis Jakarta) – Untuk mendorong peningkatan ekonomi mikro dan kecil bidang pertanian, peternakan, dan perikanan di setiap rayon kecamatan yang ada di Kota Depok. Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Depok, Rudi Murodi menghimbau 9 dari 11 pengurus kecamatan mampu lahirkan produk unggulan petani agar makin kuat bersaing di pasaran.

“KTNA di kecamatan harus memunculkan produk unggulan yang ada di wilayah masing-masing. Baik bidang tanaman buah, tanaman hias dan segala olahannya berbahan baku hasil pertanian, peternakan, dan perikanan.” Ungkapnya, di Bojongsari, Jumat (09/03).

Menurutnya, produk-produk unggulan wajib dimunculkan. Sebab, Kota Depok saat ini punya potensi besar dalam bidang pertanian, seperti dapat mengembangkan konsep pertanian perkotaan (urban farming). Ke depannya konsep ini akan terus ditingkatkan, agar kelompok pertanian atau perorangan di Depok masih bisa bercocok tanam dengan teknologi hidroponik atau pun akuaponik.

“Misalnya dengan budidaya ikan dengan teknologi bioplok, jadi biaa meningkatkan hasil produksi dan mengangkat produk unggulan di wilayahnya,” jelasnya. (jif)