Mexico City ( Bisnis Jakarta ) – Sebastien Ogier kembali memimpin di kejuaraan reli dunia pada Minggu dengan kemenangan di Meksiko untuk tim M-Sport Ford.

Juara dunia lima kali itu finis satu menit 13,6 detik di depan pebalap Hyundai asal Spanyol Dani Sordo dengan pebalap Inggris Kris Meeke, pemenang tahun lalu di kejuaraan berbasis Guanajuato tersebut di posisi ketiga untuk tim Citroen.

Juara bertahan Ogier, yang kini telah memenangkan dua dari tiga putaran musim ini, juga mendapat empat poin tambahan untuk pebalap tercepat kedua di Power Stage terakhir yang dimenangkan pebalap Toyota Estonian Ott Tanak.

Pebalap asal Prancis Ogier, pemenang empat kali di Meksiko, unggul 10 poin pada akhir pekan dan di belakangnya pebalap Belgia Belgia Thierry Neuville, yang finis di urutan keenam pada Minggu dengan tambahan dua poin bonus.

Ogier sekarang mengemas 60 poin dan mengungguli Neuville dengan selisih sembilan poin.

Juara dunia sembilan kali asal Prancis Sebastien Loeb, yang membuat penampilan pertama dari tiga balapan sebagai tamu bersama Citroen musim ini, telah memimpin sejak awal namun akhirnya hanya berhasil menempati posisi kelima setelah kehilangan waktu.

Meeke berada di jalur kedua sebelum kecelakaan pada ujung etape tiga dengan memiringkan mobilnya ke satu sisi. Dia meninggalkan pebalap Irlandia Utara pada posisi ketiga setelah penonton membantunya kembali ke lintasan.

“Saya tidak pernah merasa frustrasi dengan tempat ketiga,” kata Meeke, yang mengalahkan Ogier tahun lalu kendati ada keterlambatan di akhir reli. “Saya merasa sedikit bodoh, saya memiliki segalanya untuk memenangkan reli dan saya tidak melakukan pekerjaan itu.” ┬áRally berikutnya akan digelar di Corsica pada 5-8 April.(ant)