London ( Bisnis Jakarta ) – Tottenham Hotspur mengatasi masalah cedera mengkhawatirkan terhadap penyerang Harry Kane untuk mengalahkan Bournemouth dengan skor 4-1, di mana dua gol Son Heung Min dan gol-gol dari Dele Alli dan Serge Aurier mendongkrak mereka ke peringkat ketiga klasemen Liga Inggris pada Minggu.

Kehilangan pemain internasional Inggris Kane, yang keluar lapangan karena cedera pergelangan kaki pada menit ke-60, menyisakan hal yang mencemaskan dari kemenangan yang diraih dengan susah payah ini setelah kekecewaan akibat dikalahkan Juventus di 16 besar Liga Champions pada tengah pekan.

“Ini merupakan tantangan besar setelah Rabu, namun tim memperlihatkan karakter dan kepribadian yang hebat,” kata manajer Spurs Mauricio Pochettino, yang menambahi bahwa pencetak gol terbanyak mereka Kane akan harus menjalani pemindaian untuk menentukan tingkat keparahan cederanya.

Kemenangan ini mengangkat Spurs untuk unggul satu poin dan satu posisi di atas Liverpool menuju peringkat ketiga dengan 61 poin dari 30 pertandingan dan merestorasi selisih lima poin dengan rival Londonnya Chelsea, yang akan mereka hadapi pada 1 April pada pertarungan untuk memperebutkan posisi di empat besar.

Spurs dapat berbangga dengan marjin kemenangan ini setelah mereka tertinggal terlebih dahulu pada awal pertandingan dari Bournemouth, di mana upaya Junior Stanislas mengenai mistar gawang dan kemudian mencetak gol pada menit keenam.

Dengan keluarnya Kane, rekan setimnya di timnas Inggris Alli mengisi kecepatan yang biasanya menjadi andalan sang penyerang untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-35 dan mengakhiri puasa golnya selama 15 pertandingan.

Alli, yang belakangan juga cedera, memainkan peran utama pada gol kedua, mengirim umpan silang untuk dikonversi menjadi gol oleh Son dengan tembakannya sebelum pemain Korea Selatan itu mencetak gol ketujuhnya dari empat pertandingan dari gebrakan larut yang diinisiasi aksi Christian Eriksen.

Bek Aurier mengubah skor menjadi 4-1 pada fase akhir pertandingan, setelah kiper Bournemouth Asmir Begovic gagal membersihkan garis gawangnya.

Gol-gol Son tercipta dalam rentang waktu 11 hari, di mana ia berkontribusi terhadap apa yang dikatakan Pochettino sebagai musim terbaik sang pemain bersama Spurs.

“Son menjalani musim yang fantastis, musim terbaik sejak ia tiba,” ucapnya. “Ia membantu tim untuk meraih tiga poin ini. Target berikutnya adalah finis setinggi mungkin.” Manajer Bournemouth Eddie Howe mengatakan dirinya tidak beruntung karena gol Callum Wilson tidak disahkan karena terdapat dorongan di kotak penalti.(ant)