Washington ( BIsnis Jakarta ) – Ernie Els dari Afrika Selatan akan menjadi kapten tim internasional untuk Piala Presiden 2019 di Royal Melbourne Golf Club di Australia.

Menurut Golf.com, pengumuman resmi tersebut diperkirakan akan dilakukan pada Selasa di Arnold Palmer Invitational, Orlando, pada saat Tiger Woods akan ditunjuk sebagai kapten tim AS, .

Els, juara turnamen utama empat kali, mengambil alih posisi kapten dari Nick Price yang telah memimpin tim International pada tiga Piala Presiden terakhir, termasuk tahun lalu ketika AS berhasil meraih kemenangan 19-11 di kandang sendiri di Liberty National di New Jersey.

AS telah mendominasi kompetisi dua tahunan yang memanfaatkan pegolf Amerika teratas melawan pegolf terbaik dunia di luar Eropa dengan rekor 10-1-1.

Els and Woods tampil menonjol dalam satu-satunya kejutan saat mereka berhadapan satu sama lain dalam playoff penentu pada tahun 2003 di Afrika Selatan untuk menentukan juaranya.

Woods, yang merupakan asisten kapten tahun lalu saat absen karena masalah cedera punggung dan akan mengisi posisi serupa tahun ini saat AS menaklukkan Eropa dalam Piala Ryder di Prancis, menjalankan peran sebagai kapten bermain di Australia.

Setelah bertahun-tahun berjuang mengatasi masalah punggungnya, Woods tampak semakin prima dengan pola permainan lamanya yang dominan pada Minggu saat ia bertemu runner-up Paul Casey dari Inggris di Kejuaraan Valspar.

Penampilan solid Woods menjadi bukti lanjutan bahwa pemenang 14 kali turnamen utama itu merupakan kekuatan tersendiri untuk mengakhiri paceklik juara dalam lima tahun terakhir, setelah dilakukannya operasi fusi tulang belakang April lalu di punggung bawahnya.(ant)