Pameran “Imaji Ruang Dan Warna” Tingkatkan Kepariwisataan

PEKANBARU (Bisnis Jakarta) – Unit Pelaksana Teknis Bandar Serai Dinas Pariwisata Provinsi Riau menggelar pameran seni rupa bertema “Imaji Ruang dan Warna” di Anjungan Seni Idrus Tintin pada 12-15 Maret 2018 untuk meningkatkan kepariwisataan di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Fahmizal di Pekanbaru, Senin, mengatakan Bandar Serai merupakan salah satu destinasi pariwisata di Pekanbaru. Tempat itu, katanya, memiliki fasilitas yang cukup memadai dan terletak di tengah kota setempat. “Namun, bangunan fisik saja tidak menarik apabila tidak ada atraksi pendukung. Untuk itu kami menggelar pameran seni rupa sebagai salah satu atraksi,” katanya.

Pameran seni rupa tahun ini menghadirkan 24 perupa berasal dari 12 kabupaten di Provinsi Riau. Masing masing perupa menghadirkan dua karya untuk dipamerkan. Berbagai karya seni rupa yang dipamerankan mengangkat tentang kehidupan dan ciri-ciri Melayu riau, seperti Tari Zapin, Candi Muara Takus, dan keindahan alam di Kabupaten Kampar. “Karya-karya tersebut juga diseleksi oleh seorang kurator sebelum dipajang pada pameran ini,” kata Fahmizal.

Dia menjelaskan bahwa pameran itu tidak hanya sebagai wadah seniman untuk berekspresi, akan tetapi juga bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat dalam memahami seni rupa dan budaya Melayu Riau. Pada saat pembukaan pameran, tampak hadir beberapa pejabat dari Dinas Kebudayaan, Dinas Kehutanan, mahasiswa, dan guru. Pada hari pertama pameran tersebut, dihadiri lebih dari 500 orang.

Pihaknya mengundang selurah lapisan masyarakat untuk hadir dan menikmati karya seni perupa Riau. Dia juga menyampaikan bahwa pada hari kedua pameran akan diselenggarakan diskusi interaktif bersama para seniman yang terlibat dalam kegiatan tersebut. (ant)