Butuh Sosok Teladan untuk Kuatkan Budaya Daerah

JAKARTA (Bisnis Jakarta) – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan tiap-tiap daerah membutuhkan sosok teladan untuk memperkuat dan memahami filosofi budaya daerah kepada generasi muda. Penegasan disampaikan Zulkifli Hasan (Zulhasan) saat menggelar acara temu bareng komedian sekaligus nonton bareng Film ‘Benyamin Biang Kerok’, Selasa (13/3) kemarin. Film ‘Benyamin Biang Kerok’ dirilis kembali oleh sutradara Hanung Bramantyo dengan dibintangi aktor Reza Rahadian.

Bagi Zulhasan, Almarhum Benyamin Sueb bukan hanya sosok komedian, tetapi lebih dari itu sosok Benyamin adalah seorang budayawan yang memahami bangsanya. “Karena itu saya bersyukur hari ini bisa kumpul bareng komedian junior dan senior untuk mengapresiasi teladan kita semua Almarhum Benyamin,” katanya.

Lebih jauh, Zulhasan mengatakan ada sisi positif yang bisa diambil dari sosok Benyamin Sueb yang akrab dipanggil Bang Ben. Yaitu sosok yang sangat paham dengan budayanya sendiri, mengerti siapa dirinya dan paham darimana dia berasal. Rasa kedaerahannya sangat kuat dan itu bukan saja boleh tapi harus.

“Karakter Benyamin itu bisa menjadi teladan disaat sebagian generasi muda sekarang, tidak lagi mengenal budayanya, tidak memahami filosofi darimana dia berasal, nah kalau kampung halamannya saja tidak peduli apalagi bangsanya. Intinya disitu,” kata Zulhasan. Menurutnya, penguatan dan pemahaman tentang budaya kepada generasi muda sangat diperlukan, sebab jika generasi muda jauh dari akar budayanya, maka karakternya mudah rapuh, terombang-ambing dan mudah dimasuki pengaruh negatif.

Sehingga paham lain yang merusak mudah sekali masuk seperti menggunakan narkoba, pengaruh radikalisme dan pergaulan bebas. “Untuk itulah teladan menjadi sangat penting. Dan Bang Ben adalah salah satu sosok teladan itu terutama dalam hal kekuatan budaya dan daerah,” tandasnya.

Sutradara Film Benyamin Biang Kerok Hanung Bramantyo menyampaikan terima kasih atas apresiasi dan kepedulian semua pihak atas upayanya membangun budaya melalui karyanya. “Semoga film ini bisa mengingatkan lagi sosok Bang Benyamin yang istimewa dan menjadi teladan kita semua,” kata Hanung. (har)