Skywalk Cihampelas Akan Diperpanjang

BANDUNG (Bisnis Jakarta) – Pemerintah Kota Bandung berencana akan memperpanjang Skywalk Cihampelas dengan total anggaran yang disiapkan mencapai Rp23 miliar.

“Untuk Skywalk Cihampelas itu sedang dipersiapkan lelang. Anggarannya 23 miliar rupiah,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Arief Prasetya, di Bandung, Kamis.

Arief mengatakan, rencana pembangunan ini akan menghubungan Skywalk yang sebelumnya telah dibangun hingga menuju ke arah jembatan layang Pasupati.

Menurutnya, Pemerintah Kota Bandung saat ini tengah melakukan peninjauan ulang lantaran Detail Engineering Design (DED) dilakukan pada tahun 2017 lalu.

“kita sedang review karena DED-nya dilakukan pada 2017 sehingga kita review lagi sekarang kita sedang hitung kembali dan sudah persiapan untuk lelang,” kata dia.

Rencananya, penambahan panjang Skywalk ini sekitar 250 meter. Apabila dihubungkan dengan jembatan bagi pejalan kaki yang sudah ada maka panjangnya mencapai 700 meter.

“Panjangnya sekitar 250 meter ke arah bawah menuju flyover. Karena Skywalk ini menghubungkan point to point menghubungkan orang berbelanja ke tempat parkir. Jadi lebih mudah, lebih aman, lebih nyaman,” kata dia.

Sebelumnya, ketika masih dipegang Wali Kota Bandung yang saat ini ikut dalam kontestasi Pilgub Jabar, Ridwan Kamil, pembangunan Skywalk ini salahsatunya bertujuan untuk mengatasi persoalan kemacetan dan PKL di Cihampelas.

Namun setelah selesai dibangun, persoalan kemacetan yang ada di Cihampelas tetap tidak bisa dihindarkan.

Maka dari itu, Arief berharap pembangunan tahap kedua nanti bisa mengatasi segala persoalan yang ada di Cihampelas. (ant)