London ( Bisnis Jakarta ) – Atletico Madrid menggaris bawahi label mereka sebagai tim favorit ketika mereka menyingkirkan Lokomotiv Moscow untuk menuju ke perempat final Liga Europa, di mana mereka didampingi oleh Olympique Marseille dan Lazio, dan Arsenal pada Kamis.

Borussia Dortmund, satu dari tiga mantan juara Eropa yang mencapai 16 besar, gagal bergabung dengan mereka akibat hasil imbang 0-0 pada pertandingan di Salzburg, yang membuat mereka kalah agregat 1-2.

Penyerang Atletico Fernando Torres mencetak dua gol untuk klub Liga Spanyol itu saat mereka menang 5-1 di Moskow yang dingin, sedangkan Antoine Griezmann juga menyumbang gol untuk mengunci kemenangan agregat 8-1 atas Lokomotiv.

“Saya mengagumi para pemain saya,” kata pelatih Diego Simeone, yang timnya tersingkir dari fase grup Liga Champions.

“Pada setiap pertandingan, mereka selalu bermain dengan cara yang sama.” Atletico akan menjadi satu-satunya perwakilan Spanyol di delapan besar setelah Athletic Bilbao kalah 1-2 dari tamunya Marseille, yang membuat mereka kalah agregat 2-5.

Penalti Dimitri Payet membawa Marseille mengendalikan situasi pada malam itu, ketika sang mantan juara Eropa asal Prancis tersebut mencatatkan kemenangan tandang mereka di markas klub Spanyol.

Ini merupakan balas dendam bagi Marseille yang ditaklukkkan oleh Bilbao pada putaran 32 besar tahun lalu.

“Kami berada di perempat final namun kami tidak boleh berhenti di sini,” kata pelatih Marseille Rudi Garcia.

Arsenal melengkapi kemenangan agregat 5-1 atas juara Eropa tujuh kali AC Milan, mencatatkan kemenangan 3-1 pada malam di London utara setelah klub Italia itu mencetak gol terlebih dahulu .

Sepakan keras Hakan Calhanoglu membawa Milan memimpin namun keunggulan itu hanya bertahan selama empat menit ketika Danny Welbeck dihadiahi penalti, ketika ia terjatuh meski kelihatannya tidak ada kontak dari bek Milan Ricardo Rodriguez.

Welbeck mengonversi penalti pada menit ke-39 dan menambahi tandukan pada fase akhir pertandingan setelah gol Granit Xhaka membuat Milan semakin tertinggal.

Kemenangan ini membuat Arsena menghentikan laju tujuh tahun secara beruntun tersingkir di putaran 16 besar di kancah Eropa — semuanya di Liga Champions.

Lazio yang impresif Lazio terlihat rapuh menuju leg kedua melawan Dynamo Kiev setelah mereka ditahan imbang 2-2 di kandang sendiri, namun gol-gol dari mantan gelandang Liverpool Lucas Leiva dan Stefan de Vrij membawa mereka menang impresif dengan skor 2-0.

Salzburg memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka di Eropa menjadi 19 pertandingan dan menjadi klub Austria pertama yang mencapai perempat final Liga Europa Undian Jumat dapat memasangkan mereka dengan RB Leipzig, klub Liga Jerman yang disokong oleh produsen minuman berenergi yang sama.

Leipzig mencapai delapan besar dengan hasil imbang 1-1 di markas juara Piala UEFA 2008 Zenit St Petersburg untuk mengukir kemenangan agregat 3-2.

Pemain asal Prancis Jean-Kevin Augustin membawa Leipzig memimpin pada pertengahan babak pertama melalui tembakannya, namun Sebastian Driusse menyamakan kedudukan untuk Zenit.

Klub Portugal Sporting memerlukan tandukan di masa tambahan waktu dari Rodrigo Battaglia untuk mengunci kemenangan agregat 3-2 atas klub Slovakia Viktoria Plzen setelah tuan rumah memaksakan dimainkannya babak tambahan berkat gol-gol dari Marek Bakos.

Upaya Battaglia menebus rasa pahit akibat kegagalan Bas Dost mengeksekusi penalti pada akhir waktu normal.

Harapan-harapan Olympique Lyonnais untuk mencapai final di stadion kandang sendiri diakhiri oleh CSKA Moscow.

Lyon memenangi leg pertama dengan skor 1-0 di kandang lawan, namun kekalahan 2-3 pada leg kedua membuat mereka tersingkir akibat peraturan gol tandang — Aleksandr Golovin, Ahmed Musa, dan Pontus Wernbloom menjadi pencetak gol untuk klub Rusia.

Gol Mariano Diaz untuk Lyon pada menit ke-71 mengubah skor menjadi agregat 3-3 namun tuan rumah memerlukan gol lain dan pemain pengganti Myziane Maolida tidak mampu mewujudkannya, di mana ia membuangpeluang pada fase akhir pertandingan.(ant)