Jakarta ( Bisnis Jakarta ) – Timnas balap sepeda Indonesia yang disiapkan untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang mendapatkan semangat baru setelah mendapatkan sponsor dari perusahaan olahraga asal Italia yang akan mendukung penuh kejuaraan empat tahunan itu.

Kepastian dukungan tersebut disampaikan langsung oleh CEO SH+ Gianluca Poli dihadapan Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari di Jakarta, Jumat.

“Khusus untuk Indonesia, kami bahkan sudah menyiapkan helm khusus yang nantinya digunakan di Asian Games 2018. Corak utamanya adalah Merah Putih. Tidak hanya untuk road, kami juga menyediakan untuk helm track,” kata Gianluca Poli yang datang langsung dari Italia itu.

Menurut dia, kerja sama dengan PB ISSI akan dilakukan secara berkelanjutan meski sebenarnya produk yang dibuat telah digunakan oleh timnas Indonesia pada SEA Games 2017 maupun pada kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Indonesia 2018.

Dukungan perusahan olahraga asal Italia ini dipuji oleh Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari. Menurut dia, dukungan dari SH+ ini merupakan yang pertama bagi timnas yang disiapkan untuk Asian Games 2018.

“Kita bangga dengan kerja sama ini. Memang kami sudah menggunakan helm dan kacamata sejak SEA Games. Setelah itu kita maskimalkan dan akhirnya mereka memberikan dukungan penuh untuk Asian Games. SH+ juga menyiapkan desain dan warna khusus untuk pebalap Indonesia,” katanya.

Kerja sama ini, kata Okto, akan membuat langkah timnas untuk mendapat dukungan sponsor lain akan terbuka mengingat SH+ juga akan membantu mencarikan sponsor. Hal ini jelas akan memangkas kebutuhan timnas balap sepeda Indonesia.

“Mereka tidak hanya mendukung tim utama, namun juga hingga tim pelapis. Bahkan SH+ akan mengganti semua produk yang rusak dengan yang baru. Yang jelas kualitas produk sudah teruji,” kata Okto menambahkan.

Produk baru SH+ berupa helm dan kaca mata itu bahkan langsung dicoba oleh salah satu pebalap Indonesia, Elga Kharisma Novanda. Pebalap BMX yang saat ini menekuni disiplin track ini mengaku helm baru tersebut sesuai dengan karakter pebalap.

“Ukurannya pas. Saya sudah mencoba saat kejuaraan di India beberapa waktu lalu. Tidak ada kendala termasuk aerodimanisnya. Semoga kerja sama ini bisa lebih memotivasi semangat pebalap di Asian Games nanti,” kata Elga.

Cabang balap sepeda pada Asian Games 2018 akan mempertandingkan empat disiplin yaitu track, road race, MTB-DH dan BMX. Saat ini pemusatan latihan nasional terus berjalan di tempat yang berbeda yaitu Yogjakarta dan Solo, Jawa Tengah.(ant)