Paris ( Bisnis Jakarta ) – Bek Brazil Dani Alves menciptakan gol kemenangan kepada Paris St Germain saat mereka unggul 2-1 atas Nice pada Minggu, sekaligus memperpanjang keunggulan mereka di puncak klasemen Liga Prancis (Ligue 1) dengan 17 poin.

Pertandingan dimulai pada pukul 12.00 GMT untuk memastikan tayangan yang maksimal di Asia dan PSG, yang sekarang ini mengemas 83 poin dari 31 pertandingan mengesankan.

Mereka awalnya gagal menampilkan permainan menarik, tapi sundulan Alves pada menit ke-82 sudah cukup bagi mereka untuk mendekati gelar liga Prancis ketujuh.

Nice, yang membalas melalui Mario Balotelli di babak kedua, membuka skor melalui Allan Saint-Maximin, yang gol awalnya dengan cepat dibatalkan oleh Angel Di Maria.

Pertandingan selanjutnya pada Minggu, Olympique de Marseille kalah dalam laga untuk perebutan tempat kedua ketika gol menit terakhir Memphis Depay membuat Olympique Lyonnais menang 3-2 di Stade Velodrome.

Tim peringkat ketiga Marseille, dengan 59 poin dan tujuh angka di belakang Monaco, membuka golnya dari serangan babak pertama Rolando. Namun, gol bunuh diri Adil Rami dan Houssem Aouar menempatkan Lyon unggul di depan.

Kostas Mitroglou menyamakan kedudukan pada tahap penutupan, hanya saja Depay kembali menyerang bagi tim tamu, yang berada di posisi keempat dengan 57 poin.

Di Allianz Riviera, Saint-Maximin menaklukkan kiper PSG Alphonse Areola dari jarak dekat setelah mendapat umpan sempurna Alassane Plea pada 17 menit.

Hal itu mendorong PSG beraksi dan mereka menyamakan kedudukan hanya empat menit kemudian berkat Di Maria, yang menyarangkan bola ke jaring dengan usaha kaki kiri.

Balotelli nyaris memulihkan keunggulan Nice delapan menit sebelum turun minum, namun usahanya dengan tendangan bola yang melengkung masih jauh di atas tiang gawang.

PSG mendapat kesempatan pada saat itu, namun kiper Nice Walter Benitez melakukan penyelamatan gemilang atas sepakan Alves yang luar biasa sehingga bola mental di atas mistar.

Sementara itu Balotelli juga sempat memaksa Areola untuk melakukan penyelamatan brilian lainnya saat Nice melakukan serangan yang bertubi-tubi.

Striker asal Italia itu akhirnya berhasil menciptakan gol 15 menit kemudian dengan sundulan, sementara di ujung lain sundulan kepala pemain depan PSG Kylian Mbappe masih membentur mistar.

Alves terbukti menjadi yang paling akurat dengan kepalanya, menyambut umpan silang Adrien Rabiot di menit ke-82 untuk mengalahkan Benitez dan memastikan kemenangan tersebut.(ant)