Berlin ( Bisnis Jakarta ) – RB Leipzig bangkit dari tertinggal satu gol di mana Naby Keita mencetak satu gol dan menjadi aktor dari gol lainnya untuk secara mengejutkan menang 2-1 atas pemuncak klasemen Liga Jerman Bayern Munich pada Minggu, dan menghidupkan kembali harapan-harapan mereka untuk berpartisipasi di Liga Champions.

Ini merupakan kemenangan perdana Leipzig atas klub Bavaria itu dan membawa mereka naik untuk mengoleksi 43 poin di peringkat keenam, dan dengan jarak yang dapat dijangkau untuk finis di empat besar.

Pada akhir pekan saat Bayern dapat mengamankan gelar mereka dengan tujuh pertandingan tersisa, sang juara bertahan melihat keunggulan mereka di puncak klasemen Liga Jerman terpangkas menjadi 17 poin setelah tim peringkat kedua Schalke 04 menang 1-0 atas Wolfsburg pada Sabtu.

Kekalahan bagi Schalke akan membuat Bayern dapat mengamankan gelar Liga Jerman keenamnya secara beruntun, seandainya mereka mampu mampu mengalahkan Leipzig pada Minggu.

Sang pemuncak klasemen yang mengincar “treble” ini kini mengoleksi 66 poin, dengan Schalke memiliki 49 poin, dan tim peringkat ketiga Borussia Dortmund memiliki 48 poin.

“Kami menghadapi lawan yang luar biasa hari ini,” kata pelatih Bayern Jupp Heynckes, yang timnya akan berhadapan dengan Sevilla di perempat final Liga Champions bulan depan.

“Kami harus mengakuinya. Leipzig agresif dan memainkan tekanan yang bagus.” “Kami tidak bermain seperti pada beberapa pekan sebelumnya. Ini adalah pertandingan-pertandingan di mana Anda tidak dominan dan tidak bekerja keras di pertahanan.” Penyerang Bayern Sandro Wagner mengonfirmasi penampilan bagusnya, menanduk bola yang berbuah gol dari umpan silang sempurna James Rodriguez pada menit ke-12 yang merupakan gol untuk ketiga kalinya secara beruntun di semua kompetisi ketika ia mengincar posisi di skuad Jerman untuk Piala Dunia.

Namun setelah itu Keita, yang akan bergabung dengan Liverpool pada akhir musim, memimpin Leipzig, menyamakan kedudukan pada menit ke-37 dengan mencetak gol dari bola pantul setelah upaya Timo Werner diblok.

Ia kemudian menggebrak pertahanan Bayern dan mengirim umpan terobosan kepada sang penyerang Jerman untuk mengemas gol penentu kemenangan pada menit ke-56, untuk membuat Bayern menelan kekalahan ketiga di musim ini.

Penyerang Dortmund Michy Batshuayi mencetak gol penentu kemenangan yang spektakuler pada babak pertama untuk memimpin timnya menang 1-0 atas tamunya Hanover 96 yang membuat mereka tetap berada di jalur untuk finis di tiga besar Liga Jerman.

Penyerang Belgia berusia 24 tahun itu, yang didatangkan sebagai pemain pinjaman dari Chelsea pada Januari, mencetak gol keenamnya dari tujuh pertandingan di LigaJerman melalui sepakan voli dengan menggunakan tumit pada menit ke-24 dari situasi tendangan sudut.

Batshuayi juga memiliki peluang yang membentur mistar gawang pada awal pertandingan, ketika rekan setimnya Maximilian Philipp terlambat menyambarnya.

Ini bukan berarti penampilan dominan dari Dortmund, yang tersingkir dari Liga Europa pada tengah pekan, namun itu tidak cukup untuk mendongrak mereka hanya tertinggal satu poin di bawah Schalke.

Empat tim teratas Liga Jerman akan lolos otomatis ke fase grup Liga Champions musim depan.(ant)