Jakarta ( Bisnis Jakarta ) – PT. Bank Mandiri Persero Tbk meluncurkan fitur layanan keluhan dan pertanyaan konsumen bernama “Mandiri Intelligence Assitant” (MITA) yang dikemas secara modern, yang salah satu tujuannya untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial.

Direktur Operasional Bank Mandiri Ogi Prastomiyono di Jakarta, Senin, mengatakan dengan “”chatbot”” MITA, Mandiri ingin memiliki pusat layanan konsumen modern, efektif dan efisien.

“Kanal digital semakin diminati nasabah dan non-nasabah, seiring dengan perkembangan telepon seluler. Mudah-mudahan, chatbot yang memanfaatkan metode Natural Language Processing ini, dapat mempercepat dan memudahkan interaksi nasabah dengan bank,” ujarnya.

MITA memiliki informasi produk dan layanan, hingga lokasi cabang dan informasi umum lainnya dari Bank Mandiri.

Pada 2017, interaksi melalui layanan layanan konsumen digital Bank Mandiri, yakni pesan elektronik dan media sosial, mencapai 10 persen dari total layanan konsumen Mandiri. Dari angka tersebut, interaksi nasabah di layanan pesan elektronik dan media sosial terdiri atas permintaan informasi sebanyak 51 persen, permintaan bantuan 28 persen dan keluhan 21 persen.

Mandiri saat ini memiliki 21,9 juta nasabah tabungan dan 1,8 juta nasabah kredit hingga akhir Desember 2017. Rata-rata pengunjung situs Bank Mandiri sebanyak 155 ribu pengunjung per hari.

Layanan MITA dapat juga diakses masyarakat melalui aplikasi chatting telepon seluler, seperti aplikasi LINE di alamat @bankmandiri, facebook messenger di @bankmandiri dan telegram di @bankmandiri_officialbot.(ant)