DEPOK (Bisnis Jakarta) – Meningkatkan kapasitas usaha pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM), Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) memberikan pelatihan Good Manufacturing Product (GMP). Pelatihan tersebut dilakukan selama lima hari oleh 50 pelaku IKM olahan di Kota Depok.

Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kota Depok, Martinho Vaz mengatakan, pelatihan GMP dimaksudkan untuk memberi pengetahuan kepada pelaku IKM tentang bagaimana mengolah produknya dengan cara yang efisien, memanfaatkan bahan-bahan yang tepat serta melakukan berbagai penghematan. Hal tersebut demi mencapai efisiensi usaha sekaligus meningkatkan pendapatan pelaku IKM.

“Sebenarnya yang ingin di capai dari pelatihan, agar pelaku IKM tahu dalam suatu proses pengolahan produk butuh cara yang efektif dan efisien guna menghidari dari berbagai pemborosan. Semuanya agar mampu meningkatkan kualitas produknya serta kapasitas usahanya,” jelasnya di Wisma Hijau, Cimanggis, Senin (19/03).

Dikatakannya, para pelaku IKM yang dilibatkan dalam pelatihan tersebut berasal dari berbagai kelurahan dari 11 Kecamatan di Depok. Sedangkan, pelatihan merupakan usulan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017. “Tahun ini, kami hanya menargetkan sebanyak 50 pelaku IKM untuk pelatihan GMP. Sementara pada tahun lalu, sudah sebanyak 200 pelaku IKM yang diberi pelatihan ini,” terangnya.

Lewat pelatihan GMP, dirinya berharap para pelaku IKM dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam usahanya. Pelaku IKM dapat menggunakan cara-cara yang efektif dan efisien sehingga mampu untuk meningkatkan kapasitas usahanya. “Semoga dengan pelatihan ini ke depan IKM di Kota Depok dapat lebih maju dengan menerapkan proses dan alur produksi yang baik,” kayanya. (jif)