Manado ( Bisnis Jakarta ) – Kejuaraan pacuan roda sapi dan bendi ” Paskah Nasional 2018″ yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan pengurus Pordasi di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Minahasa berlangsung sukses.

“Kejuaraan itu telah berjalan dengan aman dan lancar,” kata Ketua Umum Pordasi Sulawesi Utara (Sulut) Ferry M K Wowor, di Manado, Selasa.

Ia mengatakan kejuaraan yang diikuti 61 peserta, terdiri roda sapi 24 peserta serta bendi 12 peserta, mendapat pujian dan apresiasi dari Ketua Umum Pengurus Pusat Pordasi H.Mohammad Chaidir Saddaq.

Banyaknya peserta yang ikut serta disaksikan ribuan penonton, menjadi magnet dari pemilik stable yang ada di Provinsi Sulut maupun dari luar daerah untuk mengikuti kejuaraan yang masuk dalam kategori olahraga pacuan kuda.

“Nantinya pada kejuaraan Pacuan kuda yang akan dilaksanakan di Provinsi Sulut ke depan, H.Mohammad Chaidir Saddaq, akan mengikutsertakan stable miliknya dan kuda-kudanya,” katanya.

Ferry Wowor mengatakan Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, juga berharap melalui kejuaraan ini disamping meningkatnya prestasi olahraga berkuda dan menjadi sport tourism di daerah akan juga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan peternak kuda serta petani yang ada di provinsi itu.

Kejuaraan yang digelar di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Minahasa disaksikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Rita Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven O.E.Kandouw, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambamg Waskito, Ketua Umum Pengurus Pusat Pordasi H. Mohammad Chaidir Saddaq, Bupati Bolaang Mongondow Timur Sehan Landjar, Bupati Sitaro Tonny Supit serta ribuan penonton yang datang baik dari Provinsi Sulut maupun dari luar daerah.

Hasil dari kejuaraan itu untuk Hasil Pacuan Kuda Kelas Perdana D/E/F, jarak 600 Meter (M) juara pertama Red Dareta Pemilik Aragon Stable diikuti Aras Sanobar Pemilik Robby Dondokambey, dan Levin Pemilik Feky Momuat.

Kelas dua tahun Extra 800 M juara pertama kuda Rhaenys Nagari pemilik Ilham Bahar, kedua Blondie Tonsea pemilik Emil B.Karim dan Whasington pemilik Tonny Laloan, Kelas Pemula Heat Satu 1.000 M juara pertama Buoux Tonsea Pemilik Emil B. Karim, kedua Matahari Tonsea pemilik Emil B.Karim dan Miyabie Esa Pemiiik Nioldy Luntungan, Kelas pemula Heat Dua 1.000 M juara pertama Madame Tonsea pemiilik Emil B. Karim diikuti Targa Florio pemilik Umboh Yosrphine danQueen Phantom pemilik Berniard Panutow.

Kelas D 1.000 juara pertama diraih Red Rose pemilik Irjen Pol Bambang Waskito diikuti Suko Nagari pemilik Tonny Supit dan Pesona Kasih pemilik Hansye Poli, Kelas E 1.200 M juara pertama Permata Kasih pemilik Harly Poli diikuti Srikandi Boalemo pemilik H.Darwis Moridu dan Striker pemilik Geronimo Sumampouw Kelas Remaja 1.300 M juara pertama Mc.Kinly pemilik Adhi B.Supit diikuti Terrakota pemilik Amanda Roring dan Satria Asthabrata pemilik Clay Dondokambey, Kelas terbuka 1.400 M juara juara pertama Nina Princess pemiilik F Tumbol diikuti Rhaegar Nagari pemilik Ilham Bahar dan Dream Lady pemilik J Roring.(ant)