TANGSEL (Bisnis Jakarta) – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) direncanakan bakal membuang sampah ke kabuparen Tangerang. Hal ini menyusul daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Cipeucang di Serpong yang semakin berkurang. “Tangsel jelas sudah tidak punya lahan memadai. Cipeucang semakin hari semakin penuh. Makanya kemarin saya buka komunikasi dengan Bupati Tangerang (Ahmed Zaki Iskandar), bagaimana kalau Tangsel ikut buang sampah ke Kabupaten Tangerang,” ungkap Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Meski akan membuang sampah ke kabupaten Tangerang, tidak menutup Cipeucang sebagai tempat pembuangan sampah akhir di Kota Tangsel. Sebab rencananya, TPA Cipeucang akan ditambahkan teknologi supaya volume sampah yang sudah tertampung bisa berkurang. “Itu mau nggak mau kita gunakan teknologi dalam mengakomodir volume sampah yang ada, agar tetap bisa kita budidayakan. Sementara saat ini masih kita cari dulu teknologi yang pas itu apa,” imbuhnya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Yepi Suherman mengakui jika saat ini Pemkot tengah menunggu revisi perda pengolahan sampah Kabupaten Tangerang selesai. Sebab di dalamnya akan ditetapkan harga pengolahan yang akan dipatok Pemkab Tangerang untuk sampah dari Tangsel dan daerah lain. “Saat ini Pemkab sedang membangun tiga tempat pembuangan sampah. Terakhir saya tahu pun perdanya masih dalam proses. Sementara kita menunggu pembuatan perda selesai, juga menunggu TPA di Kabupaten Tangerang cepat selesai,” tandasnya. (nov)