721 Mahasiswa IPB Diwisuda

Sebanyak 721 mahasiswa, Institut Pertanian Bogor (IPB) diwisuda dalam Upacara Wisuda tahap VI Program Sarjana, Profesi Dokter Hewan, dan Pascasarjana tahun akademik 2017/2018, di Graha Widya Wisuda, Kampus Dramaga Bogor.

BOGOR (Bisnis Jakarta) – Sebanyak 721 mahasiswa, di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi diwisuda dalam Upacara Wisuda tahap VI Program Sarjana, Profesi Dokter Hewan, dan Pascasarjana tahun akademik 2017/2018, di Graha Widya Wisuda, Kampus Dramaga Bogor. Rabu, (21/03). Dari jumlah 721 mahasiswa yang diwisuda itu terdiri dari 389 orang lulusan bergelar Sarjana, 40 orang lulusan bergelar Profesi Dokter Hewan, 224 orang lulusan bergelar Magister Sains, 31 orang lulusan bergelar Magister Manajemen, 7 orang lulusan bergelar Magister Profesional, dan 30 lulusan bergelar Doktor.

Rektor IPB, Dr. Arif Satria dalam sambutnnya mengatakan, lulusan IPB harus siap menghadapi era revolusi industri 4.0. Kini kita telah berada dalam era revolusi industri 4.0 yang sungguh berbeda dari era sebelumnya. Revolusi industri generasi satu dicirikan dengan tumbuhnya mekanisasi dan energi berbasis uap dan air. Revolusi industri generasi dua dicirikan dengan berkembangnya energi listrik dan produksi massal. Revolusi industri generasi tiga dicirikan dengan tumbuhnya industri berbasis elektronika, teknologi informasi, serta otomatisasi. “Revolusi industri generasi ke-4 dicirikan dengan berkembangnya Internet of Things yang diikuti dengan teknologi baru dalam data sciences, robotik, cloud, finansial technology, dan seterusnya yang telah mendisrupsi inovasi-inovasi sebelumnya,” kata Rektor IPB.

Menurut Dr. Arif, peran IPB sebagai lembaga pendidikan tinggi adalah menghasilkan lulusan unggul yang adaptif terhadap perubahan yang mampu mendukung proses transformasi ekonomi yang lebih merata di era sharing economy. Yakni melalui tumbuhnya technopreneur dengan start-up bisnis serta socio-preneur dalam pengembangan masyarakat melalui inovasi-inovasi yang dihasilkan. “IPB ini adalah ladang persemaian yang subur bagi calon-calon pemimpin bangsa yang berintegritas dan mampu menjadi trend setter perubahan di era disrupsi,” ujarnya.

Komitmen IPB dalam mencetak calon pemimpin-pemimpin bangsa saat ini terus diwujudkan melalui sejumlah langkah, yakni penguatan talent pool sejak dini dan melalui proses yang sistematis. “Selain itu, tahun 2018 ini kami akan membuka kelas internasional sebagai bentuk komitmen agar IPB makin mendunia. Tentu jalur-jalur regular seperti SNMPTN dan SBMPTN serta jalur mandiri lainnya tetap kita selenggarakan dengan terus berorientasi pada peningkatan kualitas calon mahasiswa. Karena itu saya berharap bahwa para wisudawan semua dapat menjadi duta-duta IPB untuk mempromosikan IPB, mengajak sahabat dan kerabat mendaftar menjadi calon mahasiswa IPB, serta mengajak para ketua OSIS untuk bergabung ke IPB,” papar Rektor IPB, Dr. Arif Satria. (bas)