Beijing ( Bisnis Jakarta ) – Gelandang Wales Gareth Bale mencetak trigol untuk menjadi pemain tersubur di negaranya saat mereka menang 6-0 atas China pada Kamis, yang memberikan kemenangan bagi Ryan Giggs pada pertandingan perdananya sebagai pelatih timnas.

Bale, yang kini telah mengoleksi 29 gol internasional dan mengungguli mantan penyerang Ian Rush, mengemas gol pada menit kedua Piala China ke gawang tuan rumah di Nanning, dan menambahi gol kedua pada menit ke-21. Ia mengunci trigolnya pada menit ke-60.

Trigol perdana pemain Real Madrid itu di ajang internasional juga merupakan trigol perdana yang diukir pemain Wales sejak Robert Earnshaw melakukannya saat melawan Skotlandia pada 2004, dan merupakan trigol di kandang lawan untuk pertama kalinya sejak pemain sayap Cliff Jones melakukannya pada 1963 di Belfast saat melawan Irlandia Utara.

“Rasanya ketika saya masih anak-anak, saya tidak pernah bermimpi menjadi pemecah rekor untuk Wales. Ini merupakan kehormatan besar,” kata Bale.

“Saya tidak memikirkannya, namun sekarang hal itu telah terjadi yang merupakan kehormatan luar biasa dan salah satu hal terbaik yang pernah saya capai dalam karier saya… pada catatan pribadi, merupakan hal hebat untuk memecahkan rekor, namun saya tidak dapat melakukannya tanpa rekan-rekan setim saya.” Penyerang Sam Vokes menambahi dua gol sedangkan pemain sayap Harry Wilson juga masuk dalam daftar pencetak gol untuk melengkapi kemenangan pada pertandingan perdana Giggs sejak ia ditunjuk menangani timnas pada Januari.

Uruguay dan Republik Ceko, dua tim lain di kompetisi ini, akan berhadapan pada Jumat untuk memperebutkan tiket bertemu Wales di final yang akan dimainkan pada Senin.(ant)